Beranda Makassar Arifin Kulle Harap Penyelenggaraan Pendidikan di Makassar Berjalan Baik

Arifin Kulle Harap Penyelenggaraan Pendidikan di Makassar Berjalan Baik

HERALDMAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Arifin Dg. Kulle kembali menggelar sosialisasi peraturan daerah (Perda) nomor 1 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pendidikan, di Hotel Whiz Prime Sudirman, Makassar, Sabtu (5/3/2022).

Pada kesempatan tersebut, Arifin Kulle mengatakan anak-anak diwajibkan menempuh pendidikan yang layak. Hal ini tidak lepas dari peran dari orang tua, tenaga kependidikan serta pemerintah baik eksekutif maupun legislatif.

“Pendidikan ini menjadi tanggungjawab orang tua yang dimulai dari keluarga, bukan dibebankan sepenuhnya kepada sekolah. Namun, hal ini tentu harus ditopang dengan proses yang bermutu dari tenaga pendidik di sekolah, agar para orang tua tidak terlalu kesulitan dalam mengajar anak-anak di rumah,” ujarnya.

Legislator dari Fraksi Partai Demokrat itu sangat berharap kepada seluruh masyarakat dan orang tua di daerah pemilihannya (Dapil) agar tidak berhenti memberikan pendidikan kepada anak-anaknya, utamanya dalam menempuh pendidikan di sekolah.

“Pendidikan itu bukan soal siapa yang kaya dan miskin, karena semua warga negara dan anak bangsa berhak mendapatkan pendidikan yang layak demi kemajuan bangsa, makanya kalau ada anak ta yang belum sekolah sampaikan ki ke pemerintah nanti akan dibantu untuk menempuh pendidikan, apalagi gratis,” jelas Arkul sapaan akrabnya.

Sementara, hadir sebagai narasumber, Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan Kota Makassar, Panca Nur Wahidin.

Dia menekankan lima hal jika ingin meningkatkan kualitas pendidikan. Kelima poin itu adalah peningkatan kualitas guru, sarana dan prasarana, jumlah guru, kesejahteraan guru, serta bangunan fisik yang memadai.

Karenanya, dia berharap agar Pemerintah Kota Makassar melakukan sinkronisasi dan terus melaksanakan sosialisasi jika memang menginginkan pendidikan yang berkualitas.

“Kita berharap penyelenggaraan pendidikan di kota Makassar betul-betul bisa menyentuh seluruh lapisan masyarakat,” harapnya.

Kemudian hadir juga, Kepala Bagian Umum DPRD Kota Makassar, Muhajir mengatakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan maka diperlukan peran serta orang tua dalam membantu proses pendidikan dasar anak di lingkup keluarga.

“Saya sampaikan ini kepada semua bahwa pendidikan itu penting bagi kita, saya merasakan sendiri bagaimana susahnya menempuh pendidikan dalam keadaan kurang mampu, tapi karena pemerintah menyediakan berbagai jalur agar semua warga negara berhak mendapat pendidikan yang layak,” terangnya.