Beranda Makassar Dirjen GTK Kemendikbudristek Puji Prestasi UNM, Rektor: Kita Komitmen Kawal Program Kementerian

Dirjen GTK Kemendikbudristek Puji Prestasi UNM, Rektor: Kita Komitmen Kawal Program Kementerian

HERALDMAKASSAR.COM – Capaian demi capaian yang ditorehkan oleh Universitas Negeri Makassar (UNM) setiap tahun terus meningkat dan mendapat tren positif dari berbagai pihak, khususnya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI.

Bahkan, hampir semua program yang dibuat oleh Kementrian, UNM telah menjalankan dan langsung mendapat respon positif dengan mengiterpertasi skema dan membuat panduan pelaksanaan dalam internal UNM sendiri, juga dibeberapa program yang ada, UNM menjadi acuan dalam pelaksanaannya bagi Kampus lain.

Hal itu disampaikan oleh Rektor UNM, Prof. Dr. ir. Husain Syam, M.TP., IPU., ASEAN Eng saat menyambut kunjungan Dirjen Guru dan Tenaga Pendidikan Kemendikbudristek Irwan Syahril bersama Plt Direktur Pendidikan Profesi Guru (PPG) Temu Ismail, di Menara Pinisi UNM Lantai 7, Kamis (24/2/2022).

“Sengaja saya hadirikan semua unsur pimpinan sebagai bentuk komitmen UNM mengawal seluruh program. Saya selalu mendorong agar bagaimana UNM selalu ikut mengambil bagian dari seluruh program dari kementerian dan Alhamdulillah dibeberapa bagian kita menjadi leader, menjadi acuan bagi kampus lain,” ujar Prof Husain.

Sementara itu, Dirjen Guru dan Tenaga Pendidikan Kemendikbudristek Irwan Syahril menyampaikan bahwa UNM selalu tampil di mana-mana sebagai salah satu kampus, tak ayal seringkali mencatatkan namanya sebagai kampus berprestasi.

“Saya beberapa kali melihat nama UNM dalam berbagai macam prestasi, saya tidak kaget karena UNM memang bagus,” ungkapnya.

Irwan Syahril mengatakan bahwa program MBKM akan menjadi sebagai program unggulan yang diharapkan mampu menciptakan SDM yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan zaman.

Begitupun dengan PPG, salah satu program utama kementerian yang betul-betul bisa mencetak tenaga pendidik yang profesinonal dan memiliki panggilan jiwa yang kuat untuk mendidik.

“Di Kementerian sendiri kita akan beri penguatan pada PGSD karena pendidikan dasar merupakan hal yang paling utama dalam pendidikan dan yang paling Transformasi PPG. Penguatan PGSD,” jelasnya.

Dirinya pun menaru harapan lebih kepada UNM sebagai salah satu kampus keguruan yang mampu mencetak tenaga pendidikan yang profesional dan berdedikasi tinggi.

“Harapan kami sangat tinggi pada UNM karena kami tahu UNM salah satu tonggak penting dalam Pendidikan Guru di Indonesia,” harapnya.

Sekadar diketahui, kunjungan tersebut dalam rangka monitoring dan evaluasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Program Pendidikan Profesi Guru. Turut dihadiri oleh para Wakil Rektor, Dekan, serta unsur Pimpinan lingkup UNM.

BURHANUDDIN UNM, Melaporkan