Beranda Sulsel Pengguna QRIS Meningkat, Pemprov Sulsel Akan Terima BI Awards 2021

Pengguna QRIS Meningkat, Pemprov Sulsel Akan Terima BI Awards 2021

ANDI SUDIRMAN SULAIMAN

HERALDMAKASSAR.COM – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman mengaku hadirnya QRIS menjadi salah satu solusi pembayaran digital pelaku UMKM di tengah kondisi Covid-19.

Hal ini disampaikan Plt Gubernur Sulsel saat menerima Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Causa Iman Karana di Rujab Wagub Sulsel, Senin (22/11/21).

Ia pun mendorong akselerasi perluasan merchant QRIS. Seperti di pasar, pusat perbelanjaan, dan lainnya. Menurutnya, ini salah satu langkah meningkatkan integrasi ekosistem ekonomi dan keuangan digital. Apalagi dengan pembayaran non tunai ini akan mendukung protokol kesehatan, dimana akan meminimalisir kontak fisik langsung.

“Kita harap pengguna QRIS terus meningkat, utamanya bagi pelaku UMKM. Diharapkan pula ada pendampingan bagi UMKM, sehingga kita perlahan menuju era digitalisasi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Causa Iman Karana mengatakan Kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulsel mencatat per 12 November 2021, telah terdapat 469.569 merchant yang telah menggunakan QR code yang tersebar di sejumlah daerah. Dimana 82,13% diantaranya adalah UMKM.

“Penggunaan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) di Provinsi Sulawesi Selatan yang terus mengalami kenaikan membuat Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan akan menerima BI Awards 2021 dari Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo,”ungkapnya.

Raihan itu akan diumumkan pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia pada 24 November 2021. Penghargaan itu atas terpilihnya Sulsel sebagai Pemerintah Provinsi dengan Implementasi QRIS terbaik di wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua).

“Kehadiran kami untuk menyampaikan agenda Pertemuan Tahunan Bank Indonesia sekaligus Sulsel akan menerima penghargaan Pemerintah Provinsi dengan Implementasi QRIS terbaik di wilayah Sulampua,” kata Causa Iman Karana.

Diketahui, Acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia akan dibuka langsung secara virtual oleh Presiden RI, Joko Widodo dan akan dilaksanakan serentak oleh Kantor Perwakilan Wilayah BI se Indonesia.