Beranda Makassar Pererat Silaturrahmi, Kapolda Sulsel Temui KomjenPol Syafruddin

Pererat Silaturrahmi, Kapolda Sulsel Temui KomjenPol Syafruddin

HERALDMAKASSAR.COM — Kapolda Sulsel IrjenPol Nana Sudjana bersilaturrahmi ke kediaman Ketua Yayasan Damai Mengaji Indonesia (DMI) KomjenPol (purn) Syafruddin di Jl Batuputih Makassar, Sabtu malam 20 November 2021.

Sabtu pagi, sekitar pukul 07.00 wita, Nana bersilaturrahmi di kediaman Wapres RI (2004-2009 dan 2014-2019) H Jusuf Kalla, di Jl Haji Bau Makassar.

Kapolda yang pengganti Kapolda sebelumnya, IrjenPol Merdisyam datang dengan sejumlah jajaran teras Polda Sulsel. Nana mengenakan kemeja santai berwarna biru nevi disambut Syafruddin dengan ramah bergamis putih.

Sambil bercakap-cakap santai di ruang utama, dua tokoh ini tertibat pembicaraan seputar kendisi terkini di Indonesia dan Sulsel pada khususnya.

Terlihat beberapa personel jajaran Polda Sulsel diantaranya Karo Oprs Polda Sulsel, Kombes Pol Adeni Muhan Daeng Pabali, AKBP dr. Fajar Amansyah, Sp. PD, FINASIM (RSU Bhayangkara) dan pejabat lainnya.

Rombongan lalu menyempatkan santap di gazebo balkon rumah yang menjadi space special para tamu lantaran suasananya yang nyaman.

“Siliturrahmi biasa. Sebagai sahabat, senior dan junior di lingkung kepolisian. Bagaimana pun pak Syaf seperti orangtua dan senior, tentu banyak hal saling mensupport,” kata Adeni Muhan.

Sekadar dikethaui, sebelum menjadi Kapolda Sulsel, Nana Sudjana menjabat sebagai Kapolda Sulut selama delapan bulan.

Lulusan Akpol 1988 yang berpengalaman dalam bidang intel ini lahir pada tanggal 26 Maret 1965. Jabatan pertamanya setelah lulus dari Akpol adalah Pamapta Polresta Yogyakarta di tahun 1988.

Pria kelahiran Cirebon ini juga beberapa kali ditempatkan di bidang intel seperti Dirintelkam Polda Jateng di tahun 2011, Analisis Kebijakan Madya bidang Ekonomi Baintelkam Polri di tahun 2013, dan juga Dirpolitik Baintelkam Polri di tahun 2016.

Tahun 2019, ia menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya, menggantikan Irjen Pol Gatot Eddy Pramono. Namun di tahun 2020 ia dicopot usai insiden kerumunan Petamburan yang melibatkan eks Imam FPI, Habib Rizieq Syihab.

Setelah itu ia menjabat sebagai sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri. Posisinya sebagai Kapolda Metro Jaya digantikan oleh Irjen Pol Fadil Imran.

Dari Koorsahli Kapolri, tahun 2021 Irjen Nana kemudian didapuk sebagai Kapolda Sulut, hingga akhirnya kembali dimutasi sebagai Kapolda Sulsel. **