Beranda Ekbis APINDO Sulsel Akan Gelar Ekspo UMKM

APINDO Sulsel Akan Gelar Ekspo UMKM

HERALDMAKASSAR.COM – Jelang Rapat kerja, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Sulawesi Selatan akan melaksanakan Ekspo UMKM 2021 dan nantinya melibatkan beberapa pihak penggerak ekonomi seperti pemerintah, perbankan, pelaku usaha, mahasiswa dan instansi lainnya.

Bertempat di Hotel Claro Makassar, Ekspo UMKM 2021 ini akan berlangsung selama dua hari dari 22 sampai 23 November mendatang.

Dalam agendanya, kegiatan ini akan mengundang pelaksana tugas (plt) Gubernur Sulawesi Selatan, Sudirman Sulaeman bersama kepala daerah lainnya.

“Yang berbeda tahun ini menghadirkan bagaimana ekspo motivasi untuk menggerakkan UMKM. sebagaimana diketahui UMKM adalah salah satu penggerak ekonomi Indonesia. Ekspo ini juga menjadi fasilitator antar perbankan dan pelaku UKM,” ujar Anggiat Sinaga selaku Ketua Panitia kegiatan ini melalui konferensi pers, Kamis, 18 November 2021.

Sementara itu Ketua APINDO Sulsel, La Tunreng menambahkan rapat ini diharapkan adanya hubungan erat untuk menggerakkan ekonomi khususnya di Sulawesi Selatan.

“Rapat kerja yang ke-15 selama masa jabatan saya Expo ini bukan hanya sekadar transaksi, tapi setiap instansi menonjolkan produk andalan di masing-masing bidang,” tambahnya.

Pada masa pandemi ini, seluruh sektor mengalami guncangan, sehingga di tahun 2021 ini sempat membaik, tapi pada kuartal III pertumbuhan ekonomi 2,6% di Sulsel. Untuk itu APINDO Sulsel mencoba mengusung program ekspo.

“UMKM menimbulkan dampak penting. Mungkin pemerintah dalam setahun melakukan 3-4 kali ekspo. Memang yang dihadirkan adalah transaksi. Tapi keunikan dari ekspo yang akan kami lakukan ini menghadirkan bank seperti BNI yang akan menampilkan UMKM-UMKM binaannya. Salah satunya nanti akan kita libatkan Bupati Wajo, karena di sana Kampung binaan BNI yang membuat kain sutra,” pungkasnya.