Beranda Politik Ingin Antar IAS Gubernur, Eks Bupati Toraja Amping Situru Siap Gabung Demokrat

Ingin Antar IAS Gubernur, Eks Bupati Toraja Amping Situru Siap Gabung Demokrat

HERALDMAKASSAR.COM – Bupati Tana Toraja 2000-2010, Johannes Amping Situru, tidak ketinggalan perkembangan politik Sulsel. Termasuk dinamika internal jelang musda Demokrat Sulsel.

Maklum, di pusaran dinamika Demokrat Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin yang sudah dianggap adik oleh Amping, figur kuat yang mengincar kursi ketua.

Jika IAS dipercaya memimpin Demokrat Sulsel, Amping terang-terangan mengaku ingin gabung partai berlambang mercy itu.

“Saya mau gabung jika IAS pimpin Demokrat. Itu memang sudah saya niatkan sejak tahu Ilham ingin kembali memimpin Demokrat,” ujar Amping di kediamannya, di Tana Toraja, Ahad, 14 November 2021.

Sosok politisi senior Torayan ini diam-diam ingin gabung Demokrat karena punya niat tersembunyi. “Saya mau gabung Demokrat karena saya punya niat untuk memenangkan Ilham di Pilgub 2024 nanti,” ujarnya.

“Urusan politik saya sebenarnya sudah selesai. Saya tidak punya target politik lagi secara pribadi. Satu-satunya target politik saya yang belum terwujud adalah mengantar IAS jadi gubernur. Saya berdoa diberi kesehatan untuk mewujudkan itu,” tegas dia.

Roadshow di Tana Toraja, IAS menyempatkan diri sowan ke kediaman Amping di Kota Makale, Toraja. Amping tokoh di balik suksesnya sejumlah kepala daerah terpilih dalam pilkada Tana Toraja.

Usai menjabat bupati Toraja, Amping menjadi tokoh sentral kemenangan Theofilus Allorerung-Adelheid Sosang (2010-2015). Lalu, juga menjadi motor kemenangan Nicodemus Biringkanae- Victor Datuan Batara (2016-2021).

Terakhir, Amping jualah tokoh utama di balik kemenangan kembali Theofilus Allorerung-Zadrak Thombeg pada pilkada Tana Toraja 2020 lalu. “Yang belum bisa saya wujudkan memang sisa IAS jadi gubernur,” ulang dia.

Menanggapi keinginan Amping ini, IAS mengapresiasinya. IAS minta Amping mendoakan dirinya bisa pimpin Demokrat. “Jika dipercaya, saya mau kerja full untuk partai. Pilgub masih lama,” tegas IAS.

IAS menegaskan ingin fokus membesarkan Demokrat jika dipercaya DPP memimpin kembali Demokrat yang ditangannya sempat menempati urutan kedua di Sulsel. (*)