Beranda Sulsel Perkuat Ekonomi Masyarakat, UMKM Gowa Diminta Terus Berinovasi

Perkuat Ekonomi Masyarakat, UMKM Gowa Diminta Terus Berinovasi

HERALDMAKASSAR.COM – Pandemi Covid-19 masih berlangsung. Hal ini menyebabkan sektor perekonomian masyarakat terus mengalami keterpurukan akibat banyaknya pembatasan yang harus dilakukan.

Oleh karena itu, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina berpesan agar semua pelaku usaha harus beradaptasi, dan berusaha melalui inovasi dalam menjalankan bisnisnya.

“Kegiatan yang dilaksanakan hari ini sangat sejalan dengan salah satu arah peningkatan pemerintah Kabupaten Gowa tersebut yakni memperkuat kemandirian ekonomi daerah berbasis sumber daya lokal dan teknologi,” ujarnya saat memberikan Sambutan sekaligus Membuka Kegiatan Koordinasi Dan Sinkronisasi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Gowa Tahun 2021 di Pemandian Je’netallasa Sileo, Desa Paraikatte, Kecamatan Bajeng, Jumat (12/11).

Menurut Kamsina, hal ini dapat diwujudkan melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui koperasi dan UMKM.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Gowa, Perguruan Tinggi dan pelaku usaha UMKM.

“Strategi UMKM di masa pandemi sangat penting demi berlangsungnya usaha. Di tengah kondisi saat ini, smua berjuang bersama untuk dapat bertahan,” ucapnya.

Lebih lanjut Kamsina mengatakan, jika melihat letak geografis Kabupaten Gowa dan sumber daya alam yg ada, maka peluang berusaha bagi pelaku UMKM sangat besar.

“Kabupaten Gowa merupakan sentra produksi hasil pertanian, peternakan perkebunan dan perikanan sehingga bahan baku untuk melakukan kegiatan sangat mudah didapatkan,” terangnya.

Demikian juga dengan hal pemasaran, Kabupaten Gowa berbatasan langsung dengan kota makassar sebagai pusat pemasaran produk usaha pelaku UMKM.

Untuk itu dengan diadakannya kegiatan ini, Kamsina berharap pelaku UMKM setidaknya dapat meningkatkan produktivitas, kapabilitas, otentisitas, dan orisinalitas usahanya.