Beranda Sulsel Buka Workshop Peningkatan Kapasitas Kader Organisasi Perempuan,Sekprov Harap Perempuan Mengambil Peran dalam...

Buka Workshop Peningkatan Kapasitas Kader Organisasi Perempuan,Sekprov Harap Perempuan Mengambil Peran dalam Pembangunan

HERALDMAKASSAR.COM – Mewakili Pelaksana tugas Gubernur sulsel, Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani membuka kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas Kader/ Pengurus Organisasi Perempuan, di Hotel Novotel Senin (1/11/21).

Sekda provinsi sulsel membacakan sambutan Plt Gubernur sulsel memberikan apresiasi yang tinggi kepada OPD Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A Dalduk KB) provinsi sulsel bersama Dharma Wanita Persatuan sebagai mitra, pihak swasta, serta unsur masyarakat yang telah berkontribusi dalam memajukan peningkatan peran serta perempuan dalam pembangunan, khususnya di Sulawesi Selatan.” Dengan mengusung tema “Perempuan Berdaya, Anak Terlindungi, Sulawesi

Selatan Jaya”, saya harapkan Kegiatan ini dapat menjadi momentum untuk menumbuhkan harapan dan keyakinan bahwa perempuan bisa mengambil peran
dalam pembangunan,”ungkapnya.

Ia Menyebutkan Salah satu isu yang berkenaan dengan kualitas SDM saat ini adalah masih kurangnya peran perempuan baik di bidang politik, pemerintahan maupun lingkungan sosial lainnya.

“Masalah ini harus segera ditangani, Oleh karena itu pada momentum ini saya menginstruksikan kepada seluruh organisasi Perempuan yang ada di Sulawesi Selatan kiranya dapat mensupport Dp3a Dalduk BK Sulsel sebagai leading sector dalam melaksanakan amanah dan saya yakin keterlibatan Dharma Wanita dan penggerakan segala sumber daya yang ada merupakan kunci sukses dalam peningkatan peran serta perempuan dalam pembangunan,” sebutnya.

Lebih jauh Abdul Hayat Gani mengaku Dharma Wanita Persatuan sebagai mitra Pemerintah Daerah baik di Provinsi maupun Kabupaten/ Kota diharapkan bisa menjadi pionir dalam menyelesaikan persoalan perempuan dan anak.

“Dharma Wanita Persatuanyang bisa bersinergi dengan Pemerintah dalam mendorong penyelesaian isu-isu strategis terkait perempuan dan anak,”tuturnya.

Sekprov sulsel menambahkan melalui Workshop ini berharap akan suksesnya Peningkatan Pengarusutamaan Gender di Sulawesi Selatan .

“Melalui workshop ini menjadi kekuatan dalam mewujudkan tujuan untuk mensejahterakan Perempuan Indonesia termasuk di Sulawesi Selatan,”tambahnya

“Saya berharap inovasi-inovasi dan program pada Dharma Wanita Persatuan dapat muncul di Sulawesi Selatan yang dapat dikembangkan pada skala nasional. Dengan memberikan kontribusi yang nyata dan seutuhnya kepada masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dp3a Dalduk KB sulsel Dr. Hj. Fitriah Zainuddin, M.Kes mengaku Maksud dari Kegiatan Workshop Peningkatan Kapasitas Kader Anggota Organisasi Perempuan Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota ini sebagai upaya untuk Meningkatkan kompetensi dan kapasitas Sumber Daya Manusia seluruh kader atau Anggota organisasi perempuan yang mampu berdaya saing.

“Kita Mendorong kuantitas perempuan dalam pembangunan baik di bidang politik, ekonomi, sosial dan pemerintahan,  Mendorong peran serta organisasi masyarakat, dunia usaha dan media massa dalam memainstreamingkan pengarusutamaan gender dalam berbagai sektor pembangunan,” ungkapnya.

Ia menyebutkan tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatnya kualitas perempuan sebagai kader/anggota organisasi perempuan dalam ketrampilan berorganisasi.

“Tujuan yang ingin kita capai dalam workshop ini yaitu Meningkatnya kapasitas dan capacity building kader/anggota organisasi perempuan dalam perencanaan organisasi Responsif Gender. Meningkatnya jumlah partisipasi perempuan kader organisasi perempuan dalam pembangunan bidang politik, sosial ekonomi dan hukum,”sebutnya.