Beranda Sulsel Konjen Australia Tertarik Kerjasama Berbagai Bidang dengan Pemprov Sulsel

Konjen Australia Tertarik Kerjasama Berbagai Bidang dengan Pemprov Sulsel

HERALDMAKASSAR.COM – Pemerintah Australia tertarik untuk melakukan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulsel di bidang peternakan, pertanian, kelautan, pariwisata dan industri kecil.

Hal ini terungkap saat pertemuan antara Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman dengan Konsulat Jendral Australia di Makassar, Bronwyn Robbins di Rumah Jabatan Wakil Gubernur Sulsel, Kamis, 21/10/21.

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan untuk bidang peternakan dan pertanian, Pemprov Sulsel akan menyediakan lahan bekerja sama dengan Perusda. Termasuk dengan harapan transfer keahlian di bidang ini.

“Kami ingin mengoptimalkan apa yang kami miliki. Kami memiliki lahan dan pertanian. Petani butuh pendampingan untuk meningkatkan kualitas produksinya, kualitas masih menjadi kendala. Para ahli dari Australia bisa membantu mengoptimalkan produksi bahkan sampai pengemasan,” harapnya.

Ia mencontohkan, bahwa kualitas rumput laut Sulsel yang baik, namun dalam proses mengalami penurunan, misalnya pada pengeringan atau pengiriman. Potensi kerjasama rumput laut juga besar.

Lanjutnya, untuk tahun depan Pemerintah Sulsel akan fokus pada pengembangan sekolah vokasi. Misalnya untuk vokasi industri akan Pemprov akan menyediakan infrastruktur pendukung seperti alat praktek dan laboratorium yang dibutuhkan. Australia yang memiliki tenaga ahli kelas dunia diharapkan peranannya untuk dapat mengirimkan tenaga ahlinya untuk mengajar.

“Kami mengharapkan pendampingan dari sisi pengajaran dari tenaga ahli anda di sekolah vokasi. Kami menantikan apa yang bisa anda upayakan untuk meningkatkan pendidikan di sekolah vokasi kami,” ucapnya.

Sebagai langkah awal, tenaga ahli Australia dapat mengajar pada sekolah yang dijadikan sebagai pilot project.

“Sekolah vokasi ini misalnya di bidang pariwisata, pertanian, industri, perternakan dan perikanan,” sebutnya.

Konsulat Jendral Australia di Makassar, Bronwyn Robbins mengatakan Australia tertarik bekerjasama dengan Sulsel di bidang peternakan, pertanian, kelautan, pariwisata dan industri kecil dan semakin mengoptimalkan kerja sama yang telah terjalin. Australia juga ingin membagikan keahlian yang dimiliki pada bidang-bidang tertentu.

“Untuk itu kami ingin mendengarkan apa yang menjadi prioritas anda Pak Gubernur,”tuturnya.

Ia juga mengaku mendukung upaya upaya recovery yang dilakukan pemprov Sulsel. “Kami Pemerintah Australia mendukung upaya recovery yang dilakukan Sulsel,”pungkasnya.