Beranda Makassar Muchlis Misbah Harap peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah di Kota Makassar

Muchlis Misbah Harap peran Serta Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah di Kota Makassar

HERALDMAKASSAR.COM – Anggota Komisi C DPRD Makassar gelar Sosialisasi penyebarluasan produk hukum daerah tentang Perda no. 4 tahun 2011 terkait Pengelolaan Sampah,di Hotel Grand Imawan Jl. Pengayoman Makassar, Sabtu (28/08).

Hadir selaku narasumber, Kepala Dinas Lingkungan Hidup kota Makassar Dr. Aryati Puspasari Abady dan Lurah Maccini Parang Manggala Putra Andi Beso.

Dalam sambutannya dihadapan konstituennya warga kelurahan Maccini Parang, Muchli Misbah mengatakan bahwa sosialisasi ini sangat penting agar masyarakat dapat mengetahui bagaimana upaya pemerintah dalam mengelola sampah agar dapat memberikan manfaat secara ekonomi, sehat bagi ,masyarakat dan aman bagi lingkungan serta mengubah perilaku masyarakat.

“saya harap tokoh masyarakat bapak ibu yang hadir hari ini dapat menjadi motor atau penyambung lidah ke warga, kenapa ? karena jika sampah tidak dikelola dengan baik akan menjadi masalah sosial,”jelas legislator Hanura ini.

Salah Satu Owner Begos ini juga berharap melalui sosialisasi ini semakin meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya melakukan pemilahan sampah dimulai dari rumah sendiri dan lingkungan sekitar guna mewujudkan lingkungan yang sehat dan bersih dari sampah.

“sampah yang ada dirumah kita, jika dikelola dengan baik akan memberikan manfaat ekonomi dan menghasilkan keuntungan,”terangnya.

Sementara itu Pada Sesi pemaparan materi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aryati Puspasari menjelaskan bahwa pentingnya kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah dengan baik guna membantu pemerintah kota Makassar dalam pengelolaan sampah.

“sampai hari ini, kalau tidak salah produksi sampah ada sekitar 1000 ton perhari, ini dikarenakan kondisi pandemi sehingga banyak warga yang tinggal dirumah. Nah saya kira perlu kesadaran kita semua agar sampah kita produksi dirumah bisa dikelola dengan baik agar dapat bermanfaat ekonomis,” jelasnya.

Dalam kesempatan Sosialisasi kali ini, Muchlis A Misbah juga mengundang Camat Kecamatan Makassar yang baru saja dilantik Alamsyah guna menjelaskan sedikit terkait program Walikota Makassar Danny Pomanto mengenai Makassar Recover.

Alamsyah menjelaskan bahwa di masa pandemi Covid 19 pemerintah kota Makassar tidak bisa bekerja sendiri dalam pemulihan wabah Pandemi ini, maka dirinya selaku Camat kecamatan Makassar yang baru saja dilantik mengucapkan banyak terimakasi kepada Anggota Komisi C DPRD Makassar Muchlis Misbah yang telah mengundang pada kegiatan sosialisasi ini sehingga dirinya bisa memanfaatkan moment tersebut untuk mengajak para tamu undangan dalam mendukung program Makassar Recover.

“Mewakili pemerintah kota Makassar, saya ucapkan Terimakasih kepada pak dewan yang telah megundang kami di acara ini, dan kesempatan kali ini saya meminta bantuanta para tokoh masyarakat yang hadir untuk intens dalam mensosialisasikan program Makassar Recover ke wargata, saya menghimbau bahwa ada tiga sub program Makassar Recover yang pertama imunitas kesehatan, yang kedua adaptasi sosial atau kata lain menjaga prokes dengan rajin memakai masker , menjaga jarak dan rajin mencuci tangan dan yang ketiga pemulihan Ekonomi,”tegasnya.