Beranda Makassar 4 Kota MOU Dengan Pelni, Menhub: Terima Kasih Inovasinya Pak Danny

4 Kota MOU Dengan Pelni, Menhub: Terima Kasih Inovasinya Pak Danny

HERALDMAKASSAR.COM — Inovasi Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto soal isolasi apung menjadi perbincangan di ranah nasional.

Hal itu di buktikan ada empat kota di Indonesia melakukan MOU dengan Pelni untuk menghadirikan isolasi apung di masing- masing daerahnya.

Diantaranya, Kota Medan, Solo, Minahasa Utara dan Papua. MOU ini disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan RI, Ir Budi Karya Sumadi secara virtual.

Inovasi Danny ini dinilai sangat efektif dimasa pandemi. Dimana para pasien covid 19 yang positif dengan gejala ringan bisa melakukan isolasi yang menyenangkan.

Ada tiga konsep yang ditanamkan dalam isolasi apung yakni recovery (penyembuhan), training motivasi dan rekreasi.

“Sejauh ini kami jalankan kapal isolasi apung ini sangat efektif karena kita lakukan berbagai macam hipotesis dan ternyata berasa di atas laut 80 persen orang bisa sembuh karena udaranya banyak mengandung klorin. Para isoman dan isowati diatas juga dihibur dan mendapatkan motivasi,” ungkapnya.

Danny dihadapan Menhub mengatakan hingga hari ini sudah banyak yang pulang dan dinyatakan sembuh dari kapal isolasi apung tersebut.

“Hari ini ada pulang 13 orang. Dan ada lagi yang naik 12. Rerata pasien sembuh setelah 5 hari isolasi d kapal. Penyembuhannya cepat karena kami memberikan pelayanan yang baik mulai dari makan, vitamin dan rekreasi,” sebutnya.

Selain cepat meningkatkan imunitas, kapal isolasi apung ini pun dinilai lebih dapat menekan anggaran dibandingkan dengan isolasi di Hotel.

“Data saya dapatkan itu ada 2.000 yang isolasi mandiri. Kalau di hotel kita bisa pakai 10 hotel jadinya ribet. Nah ide ini muncul agar para pasien yang diisolasi bisa terpusat dan bisa dipantau lebih dekat oleh para nakes dan dokter. Anggarannya pun lebih murah di kapal,” jelasnya.

Senada dengan hal itu, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya sangat berterima kasih atas inovasi dahsyat dari sang Inovator di Kota Makassar.

“Terima kasih pak Wali, Danny Pomanto atas ide cemerlangnya di masa pandemi ini. Sekarang ini menjadi perintah pak presiden Jokowi untuk menghadirkan kapal isolasi apung terpadu di masing-masing daerahnya. Progressnya sangat baik saya lihat,” tuturnya.

Budi berharap di masa pandemi semua kota/kabupaten bisa konsen bersama-sama menekan penyebaran covid 19.