Beranda Sulsel Plt Gubernur Dorong Fakultas Teknik Unhas Jadi Institut Teknologi Gowa

Plt Gubernur Dorong Fakultas Teknik Unhas Jadi Institut Teknologi Gowa

HERALDMAKASSAR.COM – Pelaksana Tugas Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mendorong Fakultas Teknik Unhas bisa berdiri sendiri menjadi Institut Teknologi Gowa.

Hal ini disampaikan Plt Gubernur Sulsel saat menghadiri Peluncuran Incubator of Technology and Business, Peresmian Techno Exhibition Hall, dan Webinar Nasional Seri-1 Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin di Fakultas Teknik Unhas, Kabupaten Gowa, Rabu (4/8). Yang menjadi rangkaian Dies Natalis ke 61 Fakultas Teknik Unhas.

Plt Gubernur Sulsel mengaku pembangunan yang paling kuat adalah Sumber Daya Manusia (SDM).

“Karena ini sesuai dengan arah kebijakan bapak Presiden, Jokowi. Pendidikan menjadi terdepan, bagaimana SDM menjadi investasi kita terdepan yang bisa melahirkan banyak hal,” ungkapnya.

Ia pun memotivasi para mahasiswa agar lulusan Sarjana (S1) bisa menjadi luaran yang tidak hanya berorientasi pada mencari pekerjaan.

“Namun bagaimana membuka lapangan pekerjaan, minimal untuk dirinya sendiri. Misalnya membuka usaha.  Fokus kita kalau 30-40% yang bisa membuka lapangan pekerjaan, itu sudah luar biasa. Orientasi kita juga menghasilkan luaran yang langsung terpakai, cikal bakal membuka usaha, itu sudah bagus,” imbuhnya.

Plt Gubernur Sulsel Lebih jauh mengaku Techno Exhibition Hall, sangat baik untuk berinovasi dan memperkenalkan produk-produknya

“Sudah ada tempat bagi adik-adik (mahasiswa Teknik Unhas) untuk berinovasi, bisa memperkenalkan produk-produknya. Harapan kita mudah-mudahan ini menjadi tempat yang memperlihatkan produk-produk yang orientasi bernilai komersial, bernilai sosial dan bisa terpakai membantu solusi masyarakat,”tuturnya.

Pemprov Sulsel senantiasa memassifkan pembangunan infrastruktur serta pembangunan SDM. Salah satunya melakukan intervensi dalam upaya penurunan stunting.

“Kita terus bersinergi bersama kabupaten/kota dalam intervensi melalu penganggaran dan pendampingan kesehatan. Karena mungkin diantara anak-anak itu, mungkin ada yang menjadi  Habibie (Presiden RI ke tiga),”pungkasnya.

Ia menambahkan, banyak hal yang menjadi kerjasama antara Pemprov Sulsel dan Universitas Hasanuddin. Salah satunya dalam dukungan pendampingan SDM dari Unhas.

“Kita harap sinergi ini terus terbangun untuk mewujudkan Sulawesi Selatan yang jauh lebih baik kedepan,”tutupnya.

Sementara itu, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan peningkatan SDM sangat penting.

“Yang menjadi investasi daerah dimasa yang akan datang. Peran perguruan tinggi dalam pembangunan bisa dilihat dari implementasi Tridharma,” katanya

Pada kesempatan itu, Plt Gubernur sulsel didampingi Rektor Unhas, Dwia Aries Tina Pulubuhu, Dekan Fakultas Teknik, Muhammad Arsyad Thaha, dan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan,melakukan peninjauan Techno Exhibition Hall. Disana beragam hasil penelitian dan riset dari Fakultas Teknik Unhas dipamerkan.

Diketahui, kegiatan ini mengangkat atema yakni “Pengusutan SDM Teknik dan Inovasi Teknologi untuk Akselerasi Pembangunan Kawasan Timur Berbasis Negara Kepulauan Indonesia (NKI) yang Integratif, Adaptif dan Berkelanjutan”.