Beranda Makassar Puncak Dies Natalis ke-60, Rektor Prof Husain Syam Sampaikan Sejumlah Capaian UNM

Puncak Dies Natalis ke-60, Rektor Prof Husain Syam Sampaikan Sejumlah Capaian UNM

HERALDMAKASSAR.COM – Puncak perayaan Dies Natalis ke-60 Universitas Negeri Makassar (UNM) di Room Teater Gedung Phinisi UNM, Jalan AP. Pettarani, Kota Makassar, pada Senin 2 Agustus 2021, sukses terlaksana dengan baik.

Acara yang dihadiri Ketua DPP IKA UNM Nurdin Halid, sejumlah perwakilan Forkopimda dan Civitas Akademika dalam ruang lingkup UNM ini dibatasi. Hal itu dikarenakan keadaan Pandemi Covid-19 yang mengharuskan penerapan protokol kesehatan.

Bahkan, sejumlah Menteri kabinet kerja Indonesia maju, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, para Rektor se-Indonesia, Kepala Daerah di Sulsel, Mahasiswa UNM berprestasi, dan alumni UNM yang mengikuti puncak Dies Natalis secara daring via zoom.

Dalam pidatonya, Rektor UNM Prof. Dr. Ir. Husain Syam, M.T., IPU,. ASEAN Eng menyampaikan sejumlah capaian program strategis UNM dibawah kepemimpinannya selama ini.

“Pada tahun 2018, UNM mendapat kepastian yuridis dengan disahkannya statuta UNM melalui peremenristekdikti nomor 7 tahun 2018. UNM akan terus bertransformasi untuk naik kelas dari sisi kelembagaan,” ujar Prof Husain Syam disambut aplaus seluruh undangan.

Capaian kedua, kata Rektor, beberapa perubahan mendasar yangdilakukan yakni, Fakultas Ekonomi (FE) menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas llmu Sosial (F1S) menjadi Fakultas llmu Sosial dan Hukum (FIS-H).

Dan akan hadir 4 pusat studi baru yaitu bidang Gender, Penelitian dan Pengembangan llmu Pendidikan, Pengembangan Pemuda dan Olahraga, dan Pusat

Kemudian, capaian ketiga, dalam penguatan kelembagaan yang didapatkan adalah peningkatan status UNM dari Perguruan Tinggi Satuan Kerja menjadi Perguruan Tinggi Badan Layanan Umum berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor 321/KMK. 05/2019 tertanggal 5 April 2019.

“Status ini telah menaikkan kelas UNM. Status BLU menjadikan UNM semakin fleksibel dan transparan dalam tata kelola keuangan dibandingkan status Satker. Saat ini TIM PTNBH melakukan berbagi persiapan menuju PTNBH UNM,” terangnya.

Sementara itu, Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman memberikan sambutan sekaligus mengapresiasi UNM atas capaian selama ini dalam ikut berkontribusi membantu pemerintah provinsi.

“UNM telah banyak memberikan kontribusi kepada pemerintah provinsi, ini artinya peran kampus terhadap pemerintah sangatlah penting berkaitan program pembangunan yang harus dikerjakan bersama,” kata Sudirman.

Sudirman berharap di puncak perayaan Dies Natalis UNM ke-60 tahun, peran mahasiswa, dosen dan para guru besar di kampus pencetak guru itu bisa memberikan buah pemikiran dan tindakan kongkrit kepada Pemprov di bidang pendidikan dan membantu penanganan pencegahan Covid-19.

“Kami juga apresiasi sekali program beasiswa UNM kepada calon mahasiswa penghafal Qur’an 15 juz. UNM ini telah banyak berkontribusi kepada Pemprov. Banyak harapan-harapan kami kepada UNM kedepan,” cetusnya.