Beranda Makassar Prof Najamuddin Terpilihnya Rais Syuriah NU Sulsel, Majdah: Selamat Semoga Amanah

Prof Najamuddin Terpilihnya Rais Syuriah NU Sulsel, Majdah: Selamat Semoga Amanah

HERALDMAKASSAR.COM – Pengurus Harian Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama melaksanakan rapat pengurus harian Syuriyah yang terdiri dari Wakil Rais, Khatib dan Wakil Khatib di Rumah Makan ulu juku, Jl Prof Basalamah, Selasa (25/5/2021).

Hadir dalam pertemuan, terdiri para ulama yang memberikan pandangan terkait pengisian posisi Rais Syuriyah yang ditinggalkan AGH. Muh. Sanusi Baco. Lc.
Dalam pandangan tertulis, KH. Kaswad Sartono selaku Wakil Rais Syuriyah bahwa kondisi yang kita alami ketika Rais Syuriah berhalangan tetap, sebaiknya diqiyaskan pada saat pemilihan Rais Aam PBNU, yaitu Wakil Rais Aam yang ada dibawahnya, maka untuk itulah Al-Mukarram Prof. KH. Najamuddin sudah pas untuk menempati Rais Syuriah.

Senada Wakil Rektor 1 Universitas Islam Makassar Prof Dr Arfin Hamid SH MH berharap Gerakan dakwah Ulama NU yang tergabung di Syuriyah perlu di giatkan kembali, dan perlu kembali diintensifkan kajian Bahtsul Masail untuk menjawab permasalahan umat dewasa ini. Sosok Prof. Dr. KH. Najamuddin Abd. Safa. MA sebagai Rais Syuriah PWNU Sulsel bisa menjadi perekat

Setelah diminta kesediannya sebagai Rais Syuriah PWNU Sulsel, Prof Dr KH Najamuddin Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Makasssar mengungkapkan, banyak yang menanyakan ke dirinya terkait pengganti Rais Syuriah.

“Saya hanya memberikan jawaban sesuai mekanisme dan aturan yang ada, jangan paksa saya jika berlawanan dengan aturan dan mekanisme yang ada. Tentunya amanah ini cukup berat, apa masukan yang lahir dari pertemuan ini saya akan melaksanakan kepemimpinan yang kolektif di syuriah,” ucapnya.

Syeikhul Ma’had Pesantren An Nahdlah Makassar ini mengungkapkan, ke depan perlu kembali kita aktifkan forum bahtsul masail sebagai forum untuk mengkaji secara mendalam dan memberikan jawaban persoalan-persoalan keumatan dewasa hari ini.

“Saya terpilih ini sudah takdir, karena terlanjur masuk di jajaran syuriah karena ini amanah alim ulama yg hadir, Insya Allah saya akan lanjutkan amanah Almarhum Anregurutta KH Muh Sanusi Baco sebagai tanggung jawab saya sebagai seorang murid dan kita yang hadir disini adalah murid-murid gurutta,” tutupnya.

Rektor Universitas Islam Makassar, DR Ir Hj Andi Majdah M Zain MS.i menyampaikan civitas akademika UIM menyambut gembira dan mendoakan atas amanah tersebut. Prof Dr KH Najamuddin Dekan Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam Makasssar sebagai Rais Syuriah Nahdatul Ulama (NU) Sulsel, saat ini AGH Prof Naja bukan lagi milik UIM semata tapi milik ummat.

“Al Fatihah untuk Allahuyarham AGH Sanusi Baco semoga almarhum tenang dan damai di tempat mulia di sisi Rabbul’alamin dan AG KH Prof Najamuddin semoga senantiasa dirahmati, mendapat ridho dan kemudahan dalam menjalankan amanah sebagai Rois Syurya,” harap Majdah ketua Muslimat NU Sulsel ini (*)