Beranda Sulsel Plt. Gubernur : Almarhum AGH Sanusi Baco Adalah Maha Guru di Sulsel...

Plt. Gubernur : Almarhum AGH Sanusi Baco Adalah Maha Guru di Sulsel dan di Indonesia

HERALDMAKASSAR.COM – Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman Menyampaikan turut berduka cita mendalam atas berpulangnya ke Rahmatullah putra terbaik Sulsel AGH KH Sanusi Baco LC.

“Innalillahi Wa Innailaihi Rojiun. Atas nama pribadi, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan masyarakat Sulsel, turut berduka cita mendalam atas berpulangnya ke Rahmatullah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel AGH KH Sanusi Baco LC,” ungkap Andi Sudirman Sabtu (15/5) malam.

Bagi Andi Sudirman, Sosok Sanusi Baco adalah ulama yang karismatik dalam menyampaikan ceramahnya.

“Beliau dengan lembut dan sangat karismatik dalam menyampaikan pesan dalam ceramahnya. Kita tahu perjalanan hidup beliau, yang menyampaikan ceramah dengan bahasa yang lembut,” tuturnya.

Ia juga menyebutkan Almarhum merupakan sosok ulama yang diteladani dan dikagumi dengan menyebarkan syiar Islam dengan ketenangan. Almarhum adalah sosok maha guru  di Sulawesi Selatan, bahkan di Indonesia.

“Beliau adalah sosok teladan bagi kita semua, termasuk saya pribadi. Saya sendiri senang berdiskusi lepas dengan beliau. Dan selalu mengorek ilmu perjalanan dakwahnya. Saya rasa semua merasa kehilangan. Insya Allah apa yang menjadi perjuangan dalam dakwah agama ini, menjadi ladang pahala untuk beliau, Aamiin,” sebutnya.

Ia pun bercerita sempat memiliki firasat saat menengok kondisi AGH Sanusi Baco di kediamannya.sehari sebelumnya atau tepatnya  Jum’at (14/5/2021) kemarin.

“Saya dapat informasi beliau kurang sehat kemarin sebelum Magrib, jadi setelah Magrib saya ke sini. Lama cerita-cerita sama beliau dan direspon baik oleh beliau,” pungkasnya.

Tak sedikit kenangan Andi Sudirman bersama pria yang akrab disapa Pak Kiai ini. Banyak momen kebersamaan yang berkesan bagi Andi Sudirman. Seperti saat Andi Sudirman sowan pertama kali menjabat sebagai Wakil Gubernur Sulsel serta dihari pertama menjabat sebagai Plt Gubernur Sulsel.

Almarhum Sanusi Baco pun beberapa kali hadir sebagai penceramah pada kegiatan kajian yang digelar di Rujab Wagub Sulsel. Serta kedekatan keduanya akrab terlihat saat melaksanakan Salat berjamaah di Masjid.

Diketahui, AGH Sanusi Baco menghembuskan napas terakhir di Primaya Hospital di Jalan Urip Sumoharjo. Rencananya almarhum akan dikebumikan pada Minggu (16/5) di Kabupaten Maros.

Sekitar pukul 20.41 Wita, jenazah almarhum tiba di rumah duka jalan Kelapa Tiga, Makassar. Berselang sepuluh menit kemudian, Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman tiba di rumah duka.

Setibanya di rumah duka, Andi Sudirman langsung berdoa di samping jenazah almarhum. Serta menemui pihak keluarga dan berharap bersabar dan mengikhlaskan kepergian sosok ulama ini.

Sulawesi Selatan tentu berduka atas wafatnya Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan, AGH KH Sanusi Baco, LC.