Beranda Makassar UIM Gagas dan Gelar Olimpiade Quran Pertama di Indonesia Timur

UIM Gagas dan Gelar Olimpiade Quran Pertama di Indonesia Timur

HERALDMAKASSAR.COM – Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Majdah M Zain membuka pelaksanaan kegiatan Olimpiade Al Quran tingkat Sulsel di Masjid Ashahabah UIM, Rabu (28/4/2021).

Majdah memastikan kegiatan kompetisi quran bertajuk olimpiade merupakan yang pertama dan satu-satunya yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi di Sulsel.

“Semoga kelak akan diselenggarakan olimpiade quran tingkat nasional oleh Belmawa Dikti,” harapnya saat menyampaikan sambutan pembukaan.

Ketua PW Muslimat NU Sulsel itu mengatakan olimpiade quran yang dilaksanakan UIM sebagai kegiatan untuk semakin menyemarakkan bulan quran Ramadhan.

“Insyallah akan menjadi agenda rutin tahunan di UIM tiap Ramadhan menjelang Nuzulul Quran,” ucapnya.

Pembina Forum Komunitas Cinta Al Quran (FKCA) itu mengungkapkan UIM bertekad menjadi kampus qurani. Dimulai dengan mengajak dan memberi kemudahan bagi para hafizh menjadi mahasiswa UIM melalui kebijakan beasiswa dan bebas test masuk.

“Besok dalam rangkaian peringatan Nuzulul Quran akan di bawakan Ketua LLDIKTI wilayah IX, Prof Dr Jasruddin Mahandre, M.Pd juga akan dilaunching halaqah quran bagi civitas akademika untuk semakin mengkentalkan nuansa qurani di UIM,” ujarnya.

Kebijakan dan nuansa kampus yabg qurani, tegas Majdah, sebagai ikhtiar meraih keberkahan dalam pengelolaan UIM sehingga menjadi perguruan tinggi terkemuka menghasilkan SDM berkualitas dan qurani.

UIM saat ini memiliki dan membina 9 fakultas mulai dari Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Agama, Fakultas Pertanian, Fakultas Sospol, Fakultas Hukum, Fakultas Sastra dan Humaniora, Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan serta Fakultas Ilmu Kesehatan dan program pasca sarjana

Ketua Panitia Olimpiade Al Quran UIM Jumadi al Bimawi MPdi, menjelaskan Olimpiade Quran UIM untuk yang pertama ini diminati 200 calon peserta dari siswa SMA/MA/Pesantren se-Sulsel.

“Namun karena situasi pandemi Covid19 maka panitia membatasi,” jelasnya.

Pembukaan kegiatan tersebut juga disemarakkan pembacaan quran oleh Qori terbaik MTQ dari Bima Muh Tasrif SPd MPd.