Beranda Sulsel Jelang Ramadan, PMI Sulsel Gandeng OKP Lakukan Sterilisasi di Masjid

Jelang Ramadan, PMI Sulsel Gandeng OKP Lakukan Sterilisasi di Masjid

HERALDMAKASSAR.COM – Jelang bulan suci Ramadan 1442 Hijriah, Palang Merah Indonesia (PMI) Sulawesi Selatan berkolaborasi dengan sejumlah organisasi kepemudaan (OKP) salah satunya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulsel melakukan apel kemanusiaan di Markas Besar PMI Sulawesi Selatan, Sabtu (10/4).

Kegiatan tersebut dalam rangka penyemprotan disinfektan rumah ibadah atau masjid yang akan digunakan sebagai lokasi shalat tarawih.

Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, apel kemanusiaan ini sebagai bukti keterlibatan pemuda dalam menekan angka penularan Covid-19 di Sulawesi Selatan. Apalagi beberapa hari kedepan sudah masuk pada bulan suci Ramadan.

“Hari ini adalah bukti sumbangsih pemuda dan PMI untuk bisa mencegah penularan Covid19 di Sulsel. Apalagi pemerintah telah menetapkan di Ramadan kali ini, kita diperbolehkan melakukan shalat tarwih, sehingga sebelum itu dilakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah ibadah,” ungkapnya.

Adnan yang juga Bupati Gowa ini mengaku, kolaborasi antara PMI dan KNPI ini menunjukkan sinergitas pemuda dalam memberikan kontribusinya terhadap penanganan Covid-19 di Sulawesi Selatan.

Ia juga menyampaikan rasa terimakasihnya atas langkah yang dilakukan KNPI bersama organisasi kepemudaan lainnya atas langkah kemanusiaan ini.

“Terimakasih kepada KNPI dan OKP yang hadir melaksanakan apel dan penyemprotan, semoga ini bisa menjadi contoh untuk ditiru pihak lainnya. Selain itu kita harapkan semua rumah ibadah sebelum Ramadan sudah steril karena selama sebulan penuh aktivitas masyarakat akan lebih banyak di masjid,” jelas orang nomor satu di Gowa itu.

Sementara Ketua Panitia Kegiatan, Syahrul Alam mengungkapkan, kegiatan ini melibatkan 28 OKP dan menyasar rumah-rumah ibadah sebagai sarana ibadah jelang Ramadan.

“Kegiatan ini bertujuan menekan angka penularan Covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan di berbagai titik,” katanya.

Pada apel ini, PMI Sulsel turut menyerahkan sprayer dan bahan desinfektan, baju hazmat, dan paket PHBS masing-masing 5 paket kepada seluruh OKP.