Beranda Headline News Otak Bom Ketedral Makassar Ternyata Seorang Wanita

Otak Bom Ketedral Makassar Ternyata Seorang Wanita

MAKASSAR – Siapa sangka, otak bom bunuh diri di depan pintu masuk gereja Ketedral Makassar, ternyata seorang wanita. Wanita itulah yang menanamkan pemahaman jihad kepada Lukman dan istrinya hingga mau menjadi pelaku bom bunuh diri.

Tim Detaseman Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri telah menangkap sosok wanita itu di Makassar. Masing-masing yang ditangkap polisi berinisial MM, M dan MAN.

Pihak kepolisian pun mengungkap peran masing-masing tiga orang wanita itu. Ketiganya memiliki peran yang berbeda.

Terkhusus MM yang tugasnya untuk memberikan motivasi terhadap dua pelaku Lukman dan istrinya, Yogi Sahfitri Fortuna.

MM dinilai sebagai otak pelaku aksi bom bunuh diri ini. Keduanya didoktrin oleh MM untuk melakukan teror dengan iming-iming surga karena dianggap ‘jihad’ dan mati syahid.

Tim Detaseman Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri ketiga terduga teroris itu di wilayah Makassar, Sulawesi Selatan, ketiganya merupakan perempuan.

“Perkembangan pascabom bunuh diri di Makassar, bertambah tiga tersangka, ketiganya adalah perempuan,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan di Humas Polri, Jakarta, Selasa (30/3/2021).

Ramadhan menyebutkan, ketiga perempuan tersebut berinisial MM, M dan MAN.

Ketiganya memiliki keterkaitan dengan pasangan suami istri Lukman (L) dan YSF atau Dewi (D), pelaku bom bunuh diri di gerbang depan Gereja Katedral Kota Makassar pada Minggu (28/3).

Ramadhan mengatakan hingga saat ini sudah ada 7 terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang ditangkap pascaledakan bom bunuh diri gereja Katedral Makassar.

Sebelumnya, Senin (29/3) Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri telah menangkap 4 orang terduga teroris di Kota Makassar, inisial-nya AS, SAS, MR dan AN atau AA.

Keempatnya berperan bersama Lukman dan Dewi, bersama sama mengikuti kajian di Vila Mutiara.

(****)