Beranda Sulsel 27 Mahasiswa FTI UMI Lolos Ikuti Program Kampus Mengajar Kemdikbud

27 Mahasiswa FTI UMI Lolos Ikuti Program Kampus Mengajar Kemdikbud

HERALDMAKASSAR.COM – Sebanyak 27 mahasiswa Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar berhasil lolos seleksi dalam Program Kampus Mengajar yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Para mahasiswa yang berasal dari Program Studi Teknik Industri (3 orang), Teknik Kimia (11 orang) dan Teknik Pertambangan (13 orang) tersebut akan mengikuti program Kampus Mengajar selama tiga bulan, mulai 22 Maret – 25 Juni 2021. Dimana sebagian besar dari mereka yang lolos juga adalah Anggota Tim Relawan dan Bantuan Kemanusiaan Mahasiswa FTI UMI yang selama ini selalu hadir diberbagai lokasi bencana

Para mahasiswa terpilih ini akan ditugaskan mengajar pada Sekolah Dasar, baik negeri maupun swasta, yang memiliki kategori 3T, tertinggal-terdepan-terluar, yang berada di sekitar domisili dan lokasi lainnya yang menjadi tempat penugasan mereka.

Selain ditugaskan di daerah 3T di Pulau Sulawei, Mahasiswa FTI UMI juga mendapat penugasan kampus mengajar di Kepulauan Tanimbar Maluku Tenggara Barat, Pulau Taliabu Maluku Utara dan Sangatta Kalimantan Timur.

Pada Program Kampus Mengajar periode ini para mahasiswa FTI UMI akan mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan melakukan kegiatan pendidikan dan pengajaran pada SD yang ditunjuk sebagai upaya untuk mengembangkan kualitas diri melalui aktifitas di luar kampus.

Sesuai petunjuk teknis dari Ditjen Dikti Kemdikbud, FTI UMI akan memberi reward kepada peserta program Kampus Mengajar ini dengan melakukan penyetaraan 12 SKS mata kuliah pada program studi masing-masing.

Dekan FTI UMI, Dr. Ir. H. Zakir Sabara HW, ST., MT., IPM., ASEAN Eng., menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud dan Lembaga Layanan Dikti Wilayah IX yang telah memberi kesempatan kepada para mahasiswa FTI UMI untuk mengimplementasikan aktifitas berbagi dan peduli kepada masyarakat melalui Program Kampus Mengajar.

Dr Zakir juga menyampaikan kebahagiaan dan terima kasih kepada para mahasiswa yang lolos pada program ini karena walaupun dalam masa pandemi ini tetap semangat dan mampu menunjukkan sikap kerelawanan dengan mengikuti program ini.

Program kampus mengajar sekaligus kesempatan berharga bagi mahasiswa merasakan kuliah di kampus kehidupan bersama masyarakat dalam kategori 3T sekaligus menjadi sarana dan momentum untuk terus menjaga dan merawat semangat kerelawawan, semangat berbagi dan peduli, yang mana hal tersebut selaras dengan semangat FTI UMI Keren Sharing is Caring.