Beranda Makassar Menhub: Pembangunan Rel Kereta Api Sulsel Rampung 2023

Menhub: Pembangunan Rel Kereta Api Sulsel Rampung 2023

MAKASSAR – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menyampaikan komitmennya untuk menuntaskan proyek kereta api Makassar – Parepare. Untuk saat ini, pembebasan lahan di Kabupaten Barru sudah tidak ada masalah. Tinggal Pangkep dan Maros.

“Untuk Pangkep sudah 93 persen,” jelasnya, saat Rapat Bersama Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Rabu, 17 Maret 2021.

Ia mengatakan, jika jalur kereta api dari Tonasa, Kabupaten Pangkep, menuju Pelabuhan Garongkong, Barru, bisa segera diakses, maka akan memperlancar arus ekspor dan impor Sulsel serta pertumbuhan ekonomi. Konektivitas jalur kereta api ini bisa menjadi jalur logistik. Misalnya dari Pelabuhan Garongkong mengangkut batubara ke Tonasa dan sebaliknya dari Tonasa mengangkut semen.

Sementara, Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Perkeretaapian Kementrian Perhubungan, Zulmafendi, hadir memaparkan capaian progres proyek pembangunan kereta api, serta permasalahan pada proyek tersebut.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, menyampaikan, atas nama Kementerian Perhubungan mengucapkan terima kasih karena secara konsisten mendukung proyek ini. Proyek ini adalah inisiatif Presiden Jokowi, yang direspon baik oleh Gubernur dan Bupati.

“Kita fokus pada apa yang akan dikerjakan. Hingga akhir tahun ini bisa sampai Pangkep. Baru tahun depan 2022 bisa sampai Maros (Bosowa) dan tahun 2023 bisa sampai Makassar,” jelasnya.

Dalam pertemuan ini, semua pihak turut mendengarkan masukan dari Anggota DPR RI, Iwan Darmawan Aras, serta pihak-pihak terkait. (*)