Beranda Politik Hendri Satrio: Amran Lebih Baik Dipasangkan Jagoan PDIP atau Prabowo

Hendri Satrio: Amran Lebih Baik Dipasangkan Jagoan PDIP atau Prabowo

JAKARTA. Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio menilai mencuatnya nama mantan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman yang diduetkan dengan tokoh-tokoh lain dalam Pilpres 2024 tidak mengherankan mengingat figur Andi Amran Sulaiman memang sangat kuat di Indonesia Timur.

Menurut Hendri, karena Andi Amran Sulaiman kuat di Indonesia Timur maka memang sebaiknya berpasangan dengan tokoh yang juga kuat di Indonesia Barat.

“Kalau menurut saya, sangat tepat kalau Andi Amran Sulaiman berpasangan dengan jago-jago dari PDIP misalnya dengan mbak Puan Maharani atau Budiman Sujatmiko. Itu akan menjadi pasangan yang kuat sekali”, kata Hendri, Rabu (3/3).

Kalaupun memang dengan PDIP agak sulit, lanjutnya, sangat ideal kalau figur Andi Amran Sulaiman bersanding dengan Prabowo.

“Ini karena Pak Probowo selalu perlu jagoan dari timur Indonesia. Selama ini dia tidak pernah berpasangan dengan tokoh dari timur Indonesia makanya selalu kalah. Mungkin saja bila berpasangan dengan jagoan dari timur Indonesia, saya rasa peluangnya besar”, ucapnya.

Seperti diInformasikan nama mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menjadi pembicaraan publik setelah Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Selatan (Sulsel) memaketkan pasangan Cak Imin atau Muhaimin Iskandar berpasangan dengan mantan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman pada Pemilihan Presiden yang diprediksi akan digelar pada 2024 mendatang.

Hanya saja menurut Azhar, Cak Imin yang dikenal sebagai agamais dan merupakan anak kiai harus didampingi oleh wakil yang backgroundnya nasionalis dan yang paham soal lika-liku kepentingan bangsa, baik itu disegi keamanan, politik, dan juga ekonomi.

”Saya kira, bapak mantan Mentri Pertanian Amran sulaiman adalah orang yang tepat untuk mendampingi Cak Imin”, ucapnya.

Selain itu, ada pula kalangan yang mendorong Andi Amran Sudirman berpasangan dengan Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah saat ini -red) dan juga merupakan tokoh PDIP.

Menanggapi hal tersebut, Andi Amran Sulaiman tertawa dan berseloroh “saya urus bisnis saja dulu”, kata Doktor Ilmu Pertanian Unhas itu. (**)