Beranda Nasional Aliyah Usul Sertifikat Vaksin, Kemenkes: Itu Ide Bagus, Naik Pesawat Tak Perlu...

Aliyah Usul Sertifikat Vaksin, Kemenkes: Itu Ide Bagus, Naik Pesawat Tak Perlu Swab PCR Lagi

Aliyah Mustika Ilham. ist

HERALDMAKASSAR – Kemenkes merencanakan akan memberikan sertifikat digital bagi warga yang telah melaksanakan vaksinasi covid-19. Insentif ini bisa digunakan untuk perjalanan tanpa perlu lagi menyerahkan surat tes PCR atau swab.

Menkes, Budi Gunadi Sadikin mengatakan akan mengkaji pemberian insentif bagi masyarakat yang sudah menjalani vaksinasi. Menurutnya usulan insentif ini bisa juga menjadi daya tarik masyarakat bersedia divaksin. Insentifnya berupa sertifikat digital.

Usulan dari Bu Aliyah ni cukup bagus. Jadi nanti yang sudah divaksin akan dikasih semacam sertifikasi digital. Jadi tidak perlu menunjukkan surat PCR tes atau antigen saat mau terbang atau perjalanan,” ungkapnya, saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Kamis (14/1/2021).

Misalnya bagi yang mau nonton konser, pergi ke mal, pengajian, ke pasar dan sebagainya. Jadi bisa bebas tes covid asal ada sertifikat digital (vaksinasi),” terangnya.

Kata dia, aplikasi sertifikat digital ini direncanakan akan melibatkan pengembang lokal terutama anak muda dalam negeri. Sehingga sertifikat digital vaksinasi ini bisa menjadi mekanisme screening yang baik.

“Namun bukan berarti sudah divaksin bisa bebas ke mana-mana semaunya. Harus tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan sebagainya,” tuturnya.

(HM)