Beranda Makassar Dekranasda Sulsel Kunjungi Usaha Pengembangan Gerabah di BTP Makassar

Dekranasda Sulsel Kunjungi Usaha Pengembangan Gerabah di BTP Makassar

HERALDMAKASSAR.COM – Para pelaku UMKM merupakan ujung tombak perekonomian suatu daerah. Oleh sebab itulah, semua pihak penting untuk mendukung para pelaku UMKM utamanya di Sulawesi Selatan.

Sebagai bentuk dukungan dan apresiasi, Dekranasda Sulawesi Selatan mengunjungi dan melihat secara langsung salah satu tempat pengembangan usaha gerabah di BTP Kota Makassar.

Setelah mengikuti pelatihan pembuatan hiasan dinding, pengurus Dekranasda Sulsel langsung menuju ke BTP guna melihat pembuatan usaha dan kerajinan lainnya yang terbuat dari gerabah.

Andi Monte yang melaporkan kalau di kota makassar ada pembuatan kerajinan gerabah. Usaha tersebut bukan lagi pertama kali diketahui oleh seluruh masyarakat, tapi kerajinan gerabah sudah menjadi usaha secara turun temurun.

Bahan baku utama gerabah adalah tanah liat. Melalui tangan para pengrajin tanah tersebut dibentuk menjadi berbagai peralatan, seperti pot bunga, celengan, guci, dan benda unik lainnya.

Bentuk dukungan itulah yang diinstruksikan oleh Ketua Dekranasda Sulsel, Liestiaty F Nurdin Abdullah kepada Ketua harian 1 Andi Oci Alepuddin beserta pengurus Dekranasda lainnya untuk mengunjungi tempat pengrajin tersebut.

“Alhamdulillah pembuatan gerabah semacam ini sudah ada di dalam kota makassar, yang mudah dijangkau. Apalagi di musim pandemi Covid-19 seperti saat ini, ibu-ibu jadi rajin menanam bunga dan masih banyak lagi kreativitas lainnya,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Andi Oci juga menyampaikan bahwa inilah yang diinginkan oleh Ketua Dekranasda dan pemerintah untuk lebih mengkaji lagi kreativitas masyarakat agar bisa meningkatkan perekonomian rumah tangga sendiri serta ekonomi pembangunan.

Sementara itu, pemilik tempat usaha kerajinan gerabah, Asriani Ramli menuturkan pengembangan gerabah miliknya berdiri sejak 23 Oktober 2020 dan diberi nama Surya Taman Makassar.

Asriani sangat mengapresiasi atas kunjungan para pengurus Dekranasda Sulsel yang ingin melihat langsung para pengrajin di gampongnya. Ia berharap kedatangan rombongan Dekranasda ke gampongnya itu dapat membantu dan menjawab sejumlah kendala yang dialami mereka.