Beranda Politik Fixpoll Nasional Rilis Survei H-4 Pencoblosan, Appi-Rahman Ungguli Lawannya 38,5 Persen

Fixpoll Nasional Rilis Survei H-4 Pencoblosan, Appi-Rahman Ungguli Lawannya 38,5 Persen

HEDALDMAKASSAR.COM – Empat hari menjelang pencoblosan, Lembaga Survei Fixpoll Research and Strategic Consulting merilis hasil surveinya di pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di Kota Makassar.

Survei ini menggunakan metode multistage random sampling terhadap 840 responden dengan tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error (MoE) 3,5 persen.

Direktur Eksekutif Fixpoll Research and Strategic Consulting, Anas Raja Andi mengatakan dalam survei yang dilakukan mulai 18 sampai 23 November 2020 tersebar di 15 Kecamatan di Kota Makassar.

Hasilnya, pasangan Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Appi-Rahman) lebih unggul dari lawannya dengan memperoleh tingkat elektabilitas sebesar 38,5 persen.

Kemudian di urutan kedua ada pasangan calon nomor urut 1 Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi memperoleh 34,6 persen. Sedangkan di urutan ketiga menempatkan pasangan calon nomor urut 3 Syamsu Rizal-Fadli Ananda memperoleh 11,6 persen.

Sementara, di urutan terakhir Paslon nomor urut 4 Irman YL-Andi Zunnun NH dengan 4,7 persen, dan swing voters atau yang tidak menjawab/tidak tahu berada diangka 10,6 persen.

“Kalau melihat data hasil survei ini kecenderungan Paslon nomor urut 1 mengalami penurunan, begitu juga dengan Paslon nomor 3 dan 4. Sedangkan Paslon nomor 2 trend elektabilitasnya naik signifikan,” kata Anas saat memaparkan hasil surveinya di Hotel Melia, Makassar, Sabtu (5/12/2020).

Anas menjelaskan tingkat elektabilitas yang diperoleh Appi-Rahman lebih tinggi dibanding Paslon lainnya, lantaran pemilih mengikuti dan menilai jalannya debat kandidat, siapa yang paling bagus.

“Banyaknya pemilih yang memilih Appi-Rahman karena hasil debat pertama kedua dan terakhir bahwa masyarakat menilai Paslon nomor 2 ini sangat baik dalam penampilan debat,” bebernya.

Sekadar diketahui, Fixpoll merupakan salah satu dari 40 lembaga survei nasional yang telah tersertifikasi di KPU RI dan juga sebagai lembaga resmi yang melakukan quick qount pada Pilpres 2019 lalu.