Beranda Politik Hasil Survei CRC Jelang Pencoblosan: ADAMA’ Unggul 45,9 Persen, Appi-Rahman 35,2 Persen

Hasil Survei CRC Jelang Pencoblosan: ADAMA’ Unggul 45,9 Persen, Appi-Rahman 35,2 Persen

HERALDMAKASSAR.COM – Enam hari menjelang pencoblosan Pilkada serentak, salah satu lembaga survei merilis hasil quick survei perilaku pemilih di Kota Makassar pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwalkot) 2020 terhadap empat kandidat.

Yakni, lembaga survei Celebes Research Center (CRC) merilis hasil survei keduanya menjelang pencoblosan pasangan calon di Pilwalkot dalam preferensi pemilih yang dilangsungkan di Grand Maleo Hotel Makassar, Kamis (3/12/2020).

Manajer riset CRC, Muhammad Nur Hidayat memaparkan dari hasil survei yang dilakukan pada 23 hingga 28 November 2020 menggunakan metode multistage random sampling dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Adapun margin error +/- 3,0 persen

“Ada kanaikan trend elektabilitas dari Paslon nomor 1 dari hasil survei kita kemarin,” kata Nur Hidayat dalam memaparkan hasil surveinya.

Survei ini, kata dia, dilakukan dengan metode wawancara tatap muka langsung menggunakan kuisioner. Jumlah sampel sebanyak 1.000 responden di 15 kecamatan di Makassar.

Hasilnya, survei CRC mengunggulkan pasangan Danny Pomanto-Fatmawati Rusdi (Adama) dengan elektabilitas 45,9 persen. Disusul pasangan Munafri Arifuddin-Abd Rahman Bando (Appi-Rahman) 35,2 persen.

Kemudian, pasangan Syamsu Rizal-Fadli Ananda (Dilan) mengalami penurunan elektabilitas 9,6 persen. Terakhir, pasangan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun NH (Imun) 6,6 persen. Sementara swing voter atau tidak menjawab/tidak tahu sebanyak 2,7 persen.

“Kalau kita melihat dari peta hasil survei kami sepertinya Pilkada Makassar mengerucut pada dua kandidat, yaitu Paslon nomor urut 1 dan Paslon nomor 2,” jelasnya.