Beranda Sulsel Hari Kedua Studi Tiru di Bandung, Ketua Dekranasda Sulsel Belajar Batik Tulis

Hari Kedua Studi Tiru di Bandung, Ketua Dekranasda Sulsel Belajar Batik Tulis

HERALDMAKASSAR.COM – Rombongan Dekranasda Sulsel kembali melanjutkan lawatannya di hari kedua di Bandung Jawa Barat dalam rangka studi tiru mengenai pemberdayaan UMKM.

Lawatan hari kedua Ketua Dekranasda Sulsel, Liestiaty F Nurdin Abdullah beserta rombongan pengurus lainnya mengunjungi sejumlah UMKM yang berada di Bandung Jawa Barat.

Salah satunya dengan mengunjungi batik Komang. Didampingi wakil sekretaris 1 Dekranasda Jawa barat Agi Widiawan Kadar, Istri Gubernur Sulsel itu dengan telaten belajar cara membuat batik tulis yang dipandu oleh Komardin Kudiya selaku owner Batik Komang yang juga Koordinator Bidang Saing Dekranasda Jawa barat.

Ibu Lies sapaan akrabnya membatik tampak cekatan mewarnai setiap garis desain yang sudah digambar. Bahkan, ia sambil membicarakan cara kerjasamanya dengan Dekranasda Jawa Barat dan UMKM disana.

Saat berkunjung ke batik Komang, Lies dan rombongan tampak antusias melihat proses pembuatan batik. Mereka melihat satu persatu proses pengerjaan batik dari mencanting hingga mewarnai.

Ia berharap pun dengan belajar batik tulis, para perajin lokal di Sulsel juga harus memiliki potensi yang layak dikembangkan. Terlebih di Sulawesi Selatan memiliki motif yang khas yang mampu menjadi keunggulan bersaing.

Hal itu selaras dengan program yang dilakukan pemerintah provinsi Sulawesi Selatan untuk mendorong dan mengembangkan kerajinan karena dapat memajukan pariwisata dan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat.

Untuk itu, melalui kerjasama yang akan dijalin kedepan, Dekranasda Sulsel bakal melakukan berbagai upaya dalam membina pertumbuhan dan perkembangan industri, khususnya dibidang batik tulis.