Beranda Makassar Rektor UNM Harap Evaluasi Pelaksanaan PPG Perlu Dimaksimalkan

Rektor UNM Harap Evaluasi Pelaksanaan PPG Perlu Dimaksimalkan

HERALDMAKASSAR.COM – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam membuka secara resmi kegiatan Evaluasi dan Koordinasi Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) UNM di Hotel The Rinra, Selasa (1/12/2020).

Dalam sambutannya, Ia mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui apa yang perlu dibenahi selama berjalan setahun.

“Untuk pertama kalinya kegiatan PPG dilakukan secara full daring, tahun sebelumnya masih dilakukan bleanded menggabungkan antara online dan offline. Jadi diharapkan evaluasi dalam kegiatan ini harus betul-betul dimaksimalkan,” kata Prof Husain.

Guru besar bidang pertanian itu menyebutkan, pelaksanaan evaluasi dan koordinasi ini untuk mencari di mana ada titik lemah dalam pelaksanaan PPG secara daring.

“Jangan dalam pelaksanaan karena ingin cepat selesai semua diluluskan, panitia dan penguji harus memperhatikan betul sampai butir-butir soal yang diberikan kepada peserta. Karena kalau peserta berhasil kita juga semua berbangga,” jelas Husain yang baru saja meraih gelar Insinyur Profesional Utama (IPU).

Sementara itu, Ketua Program Studi PPG UNM, Darmawan mengatakan kegiatan ini sebagai salah satu diantara 61 penyelenggara PPG tahun 2020, ful daring mempertimbangkan kondisi Covid-19. Untuk menganalis kinerja instruktur PPG, nilai mata kuliah utama, koordinasi hasil kerja antar divisi sebagai bahan.

“Inilah bentuk menghadirkan kebersamaan, mengevaluasi untuk melihat sampai dimana ada titik lemahnya, karena ini adalah kegiatan yang full daring, sehingga kita perlu mengevaluasi untuk kita sampaikan dalam bentuk laporan,” ungkapnya.

Ia pun menekankan bahwa pada evaluasi ini, kita melihat seluruh aspek pelaksanaan selama PPG, baik evaluasi kinerja divisi, proses pembelajaran, sampai pada pelaksanaan metode daring.