Beranda Politik Insert Institute Pastikan Paslon Chaidir-Suhartina Menang di Pilkada Maros

Insert Institute Pastikan Paslon Chaidir-Suhartina Menang di Pilkada Maros

HERALDMAKASSAR.COM – Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Maros tersisa 9 hari lagi. Lembaga survei Insert Institute merilis hasil survei di Black Canyon, Makassar, Senin (30/11/2020).

Berdasarkan hasil survei Pasangan nomor urut 2 Chaidir-Suhartina Sementara Memimpin dengan presentase 53,3 persen, diikuti pasangan nomor urut 3 Harmil Mattotorang-A. Ilham 26,9 persen.

Sedangkan pasangan nomor urut 1 Tajerimin-Havid Pasha 19,6 persen. Persentase masyarakat yang tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 0,2 persen.

Direktur riset dan data Insert Institute, Reskiyanti mengatakan, survei ini menggunakan metode multistage random sampling dengan responden sebanyak 880 dengan margin of error 3,46 persen.

“Ini dilakukan pada 24-30 November 2020,
setiap hari data yang masuk langsung kami input kemudian langsung diolah setiap kecamatan berdasarkan sebaran responden. Sebarannya berdasarkan data jumlah pemilih,” ujarnya.

Dalam survei ini tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. Hasil survei ini menjadi alat ukur dan bahan evaluasi bagi setiap kandidat, ini juga bisa saja akan berubah jelang pemilihan 9 Desember nanti. (*)