Beranda Makassar Ashabul Kahfi Bersama BPJS Sosialisasi Pelayanan JKN-KIS di Tallo

Ashabul Kahfi Bersama BPJS Sosialisasi Pelayanan JKN-KIS di Tallo

HERALDMAKASSAR.COM – Anggota Komisi IX DPR RI, Ashabul Kahfi melaksanakan sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN-KIS) tahun 2020 di Gedung Serbaguna Buloa, Jalan Teuku Umar, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Senin (30/11/2020).

Hadir sebagai narasumber Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan peserta Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS), Flori dan anggota Komisi IX DPR RI, Ashabul Kahfi.

Ashabul Kahfi mengatakan sosialisasi ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai inovasi-inovasi terbaru BPJS Kesehatan dalam memberikan akses kemudahan pada era pandemi Covid-19.

“Kita dalam rangkah mengadvokasi masyarakat terkait hak dan kewajibannya di bidang kesehatan. Apalagi dengan program BPJS melalui JKN membentuk kepedulian negara terhadap masyarakat,” jelasnya.

“Melalui sosialisasi ini masyarakat bisa paham untuk menjadi peserta BPJS. Peserta BPJS kan macam-macam, ada yang Penerima bantuan (PB) ada yang Mandiri. Kalau mandiri kan bayar sendiri kalau PB itu negara. Tiap tahun negara itu mengalokasikan anggaran cukup besar untuk biasa kesehatan pada peserta KIS,” tambah Ketua DPW PAN Sulsel ini.

Terkait peningkatan pelayanan, ada 4 kemudahan akses bagi peserta JKN-KIS agar tidak perlu datang ke kantor, yaitu Mobile JKN, chika, vika, dan pandawa. Mobile JKN merupakan aplikasi yang dapat diunduh melalui telepon pintar masing-masing peserta JKN-KIS.

Olehnya itu, melalui sosialisasi ini dengan tema “Dengan gotong royong semua tertolong” ia berharap, warga Indonesia dan khususnya masyakarat pelayanan kesehatan dapat terlayani baik.

“Harapan saya itu. Semangat BPJS itu gotong royong membantu yang sakit. Karena, ada yang di bayarkan negara dan mandiri. Nah, yang mandiri ini yang membayar tidak mampu,” tuturnya.

Tak lupa, Ashabul Kahfi juga mengimbau seluruh warga untuk selalu menjaga kesehatan. Menjaga jarak, memakai masker dan selalu mencuci tangan.