Beranda Makassar Rektor UNM Hadirkan Mentan SYL Bawakan Materi Kuliah Umum Besok

Rektor UNM Hadirkan Mentan SYL Bawakan Materi Kuliah Umum Besok

HERALDMAKASSAR.com – Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo dijadwalkan akan membawa kuliah umum di Universitas Negeri Makassar (UNM), Sabtu, 14 November 2020. Kegiatan kuliah umum ini dalam rangka memperingati hari pahlawan 10 November lalu dan mengangkat tema “Penguatan Kompetensi Agropreneur Mahasiswa Menuju Swasembada Pangan Indonesia”.

Rektor UNM Makassar Prof Husain Syam mengatakan meskipun dalam masa pandemi COVID-19 merupakan saat yang tepat untuk mengevaluasi ulang pemahaman kita akan arti pahlawan. Sebagai generasi muda, kita harus mampu memberikan makna baru atas tonggak bersejarah kepahlawanan dengan mengisi kemerdekaan sesuai perkembangan zaman.

“Menghadapi situasi seperti sekarang, kami berharap muncul banyak pahlawan dalam segala bidang kehidupan. Dalam sejarah peradaban bangsa, pemuda merupakan aset bangsa yang sangat mahal dan tak ternilai harganya. Kemajuan atau kehancuran bangsa dan Negara banyak tergantung pada kaum mudanya sebagai agen perubahan,” kata Prof Husain Syam, Jumat, 13 November 2020.

Guru besar bidang pertanian itu menambahkan, potensi kaum millennials untuk membangun negeri ini sangat besar. Dengan bertambahnya kesadaran pentingnya pendidikan di masyarakat Indonesia, mendorong pertumbuhan pemuda Indonesia sebagai kelompok manusia yang teredukasi untuk kreatif dalam meningkatkan kesejahteraan dirinya.

“Para pemuda atau millennials ini bisa menjadi penggerak dan lokomotif ekonomi bangsa. Saat ini, kaum millennials lah yang mengetahui apa langkah mereka ke depannya, menuju ke puncak demografi Indonesia. Kaum millennials ini memiliki pendidikan yang lebih baik, kondisi ekonomi yang lebih mapan, dan menjadi potensi perubahan,” ujarnya.

Mantan dekan FT UNM itu juga menyebut kaum millennials yang sekarang ini identik sebagai Entrepeneur menjadi profesi yang signifikan berkonstribusi untuk meningkatkan level sebuah negara. Pemuda-pemuda yang berminat dalam mengembangkan bisnis dapat diarahkan menjadi wirausaha yang tangguh. Bagi mereka yang memilih profesi lain, diharapkan memiliki kreatifitas dan inovatif dalam mengembangkan karirnya.

“Kegiatan ini diharapkan membuka luas wawasan kewirausahaan pemuda Indonesia khususnya sebagai agripreneuer dan mendorong pemuda Indonesia untuk maju bersama dalam bingkai kewirausahaan,” jelasnya.

Untuk mengikuti kegiatan kuliah umum ini calon peserta bisa melakukan registtasi di link: bit.ly/KuliahUmumUNM-SYL.