Beranda Makassar Dinas PU Makassar Bentuk Tim Pantau Drainase Antisipasi Banjir

Dinas PU Makassar Bentuk Tim Pantau Drainase Antisipasi Banjir

gambar/int

HERALDMAKASSAR.com – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar membentuk tim khusus untuk memantau kondisi titik-titik drainase. Langkah ini dilakukan sebagai langkah antisipasi banjir dan genangan saat musim hujan.

Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dan Drainase Dinas PU Kota Makassar, Syafar Majid mengatakan, tim ini bertugas untuk memantau kondisi drainase di wilayah pengawasannya. Ada lima zona wilayah pemantauan, setiap zona terdiri dari dua, tiga sampai empat kecamatan.

“Jadi hasil pemantauan tim ini sebagai data untuk kita mana yang akan direhab, dibangun, dan sedimennya dikeruk,” kata Syafar Majid, Jumat (23/10/2020).

Selain membentuk tim khusus, Syafar Majid menyampaikan pengerukan sedimen di titik-titik rawan banjir dan genangan rutin dilakukan satgas drainase. Khususnya di titik-titik rawan banjir seperti Jalan Urip Sumohardjo, AP Pettarani, dan Jalan Veteran.

Khusus di depan kantor Gubernur Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo sudah dibuat tali air atau kanal kecil untuk meminimalisir terjadinya genangan. Termasuk melakukan pengerukan sedimen pada dinding saluran.

“Depan kantor Gubernur Sulsel itu dulunya kecil kita kasih lebar, dan sudah ada beberapa titik juga yang kita keruk sedimennya,” ujarnya.

Diakui Syafar, banjir dan genangan di titik rawan masih saja terjadi namun instensitasnya tidak lama. Meski begitu, pihaknya terus melakukan pengerukan sedimen agar pada saat musim hujan nanti tidak lagi terjadi genangan.

“Ada beberapa titik yang sementara kita kerja. Hasil pantauan kita memang masih ada banjir tapi tidak terlalu lama,” tuturnya. (*)