Beranda Politik INSIDE: Danny-Fatma Unggul di Facebook-Instagram, Appi Menang di Youtube

INSIDE: Danny-Fatma Unggul di Facebook-Instagram, Appi Menang di Youtube

HERALDMAKASSAR.com – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020, Lembaga riset dan konsultan Indo Supporting Idea (INSIDE) melakukan monitoring dan analisis media sosial di Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Makassar 2020.

Hasil monitoring dan analisis tersebut dilakukan pada tanggal 27 Juli hingga 27 Agustus 2020, dengan mengambil data dari sumber data media sosial (Medsos) Facebook, Instagram, dan Youtube.

Dari data tiga platfom medsos ini, INSIDE menilai paling banyak menjadi arena pertarungan politik antara kandidat yang akan bertarung pada Pemilihan Walikota Makassar 9 Desember 2020 mendatang.

Direktur Eksekutif Indo Supporting Idea (INSIDE), Nurcholis mengatakan khusus di Facebook dan Instagram, dari semua post, share dan comments yang terkait dengan mention “Pilwalkot Makassar”, pasangan Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi unggul sebanyak 51,77 persen.

Diurutan kedua pasangan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun NH (None-Zunnun) 25,18 persen, di posisi ketiga ada pasangan Deng Ical-Fadli Ananda (Dilan) 15,14 persen, sedangkan diposisi terkahir pasangan Appi-Rahman 7,91 persen.

“Dari temuan dan analisis yang kita lakukan, dalam konteks volume percakapan, Danny-Fatma unggul dari tiga kandidat lainnya,” kata Nurcholis saat membeberkan hasil monitoring dan analisisnya di Up Normal Cafe, Jalan Andi Djemma, Makassar, Minggu (30/8/2020).

“Volume percakapan ini maksudnya percakapan yang me-mention nama kandidat di medsos, ini menggabarkan seberapa banyak kandidat dibicarakan di media sosial,” tambahnya.

Adapun engagement atau daya tarik kandidat, kata Nurcholis, dari keseluruhan percakapan yang terkait dengan Pilwalkot Makassar, daya tarik Danny-Fatma terbesar dengan 35,57 persen, disusul Appi-Rahman menerima engagement sebesar 25,42 persen, kemudian Dilan 20,19 persen, dan None-Zunnun 18,83 persen engagement.

Sementara, dari platform medsos YouTube, pasangan Appi-Rahman lebih unggul sebesar 77,18 persen dari tiga kandidat lainnya.

Diurutan kedua, pasangan None-Zunnun 14,2 persen, kemudian diurutan ketiga pasangan Danny-Fatma 6,7 persen, dan diurutan keempat Dilan 1,93 persen.

“Pasangan Appi-Rahman paling aktif pada platform YouTube dengan jumlah video terbanyak (34) dan engangement terbanyak dibanding ketiga kandidat lainnya,” beber jebolan Pasca Sarjana Universitas Indonesia ini.

Namun demikian, kata Nurcholis, daya tarik masing-masing kandidat pada platform YouTube hampir sama. Artinya, pasangan Appi-Rahman memperoleh engagement terbesar hanya karena jumlah video yang banyak dan ditayangkan pada channel-channel yang memiliki jumlah subscriber besar.