Beranda Sulsel Peringatan 1 Muharram 2020, Ketua MPC PP Palopo Berharap Bisa Membawa Pembaharuan

Peringatan 1 Muharram 2020, Ketua MPC PP Palopo Berharap Bisa Membawa Pembaharuan

HERALDMAKASSAR – Memasuki bulan Muharram menandahkan awal Tahun Baru Islam yang juga dikenal sebagai Tahun Baru Hijriah yang jatuh pada tanggal 20 Agustus 2020.

Ketua MPC Pemuda Pancasila (PP) Kota Palopo, Akhmad Syarifuddin Daud menyampaikan, selamat tahun baru Hijriyah 1442 H 2020 M. Dia berharap akan membawa pembaharuan atau perubahan dari kondisi pandemi covid-19 ke suasana aman dan nyaman di seluruh Indonesia.

“Tahun Baru 1 Muharram 1443 H, sebagai momentum maknai hidup dengan semangat hijrah. Kita ingin Indonesia secara umum dan Khusis Sulsel terus menerus membawa kebaruan atau hal baru bagi masyarakat,” harap pria yang akrab disapa Ome ini, Rabu (19/8/2020).

Tahun baru hijriyah selalu mengingatkan umat Islam pada momen bersejarah hijrah Rasulullah dari Makkah ke Madinah. Semangat hijrah adalah berpindah dari keadaan yang tidak baik di suatu tempat ke tempat lain untuk menggapai keadaan yang lebih baik. Hal ini mengandung makna sangat tinggi bagi berbagai hal yang sama dalam kehidupan manusia.

Mantan Wakil Wali Kota Palopo ini menyebutkan pembaharuan dimaksud adalah memasuki era new normal atau tatanan hidup yang baru akan membawa manfaat bagi kehidupan masyarakat. Selain itu, momentum tahun baru islam menjadi wadah merekatkan ukhuwah islamiyah di zaman sekarang ini.

“Tahun baru Islam tak sekadar diperingati. Melainkan ini akan menjadi tonggak persatuan umat. Umat Islam akan menunjukkan jati dirinya untuk meningkatkan keimanan dalam keseharian,” tutur Ome yang juga anggota komite Dewan Pengawas BPJS Kesehatan itu.

Dia menambahkan, peringatan 1 Muharram akan dapat menggugah kesadaran masyarakat akan makna peringatan itu.

“Peringatan pada tahun ini juga diharapkan bisa mengubah perilaku masyarakat ke arah yang lebih baik,” pungkasnya.