Beranda Makassar Ortu Siswa Terharu, SMP 6 Makassar Bagikan Ratusan Tablet untuk Belajar...

Ortu Siswa Terharu, SMP 6 Makassar Bagikan Ratusan Tablet untuk Belajar Daring

HERALDMAKASSAR.com – Situasi yang memaksa masyarakat untuk tinggal di rumah dan menjalankan Work From Home (WFH) akibat pandemi COVID-19, turut berdampak bagi anak-anak sekolah.

Implikasi kebijakan tersebut mengakibatkan perubahan yang luar biasa terhadap dunia pendidikan. Seluruh jenjang pendidikan ‘dipaksa’ bertransformasi untuk beradaptasi secara tiba-tiba drastis untuk melakukan pembelajaran dari rumah melalui online.

Dalam kondisi seperti ini, sekolah menerapkan aktivitas belajar secara daring (online). Ternyata, SMP Negeri 6 Makassar mendukung pembelajaran daring dengan memberikan bantuan berupa Smartphone Tablet kepada siswa-siswi.

Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Makassar, Dr. H. Munir, S.Ag, M.Ag mengatakan pihaknya telah mendapat penghargaan dari pemerintah pusat yakni Kementerian Pendidikan dengan diberikannya 428 unit Tablet untuk dibagikan ke siswa.

“Konsentrasi kita sekarang bagaimana anak-anak bisa belajar dimasa pandemi ini, jadi kami di SMP 6 Makassar mendapatkan penghargaan dari pemerintah atas kinerja kita selama ini bagus,” kata Munir, Sabtu (15/8/2020).

Smartphone tablet, kata Munir, diperuntukkan agar para siswa bisa lebih konsentrasi belajar jarak jauh selama pandemi, khususnya kepada siswa yang kurang mampu.

“Itu akan kita bagikan kepada anak-anak yang baru, ditambah kelas diatasnya yang memang kita punya data mereka sangat membutuhkan,” ujarnya.

Tidak hanya tablet, pihaknya juga memberikan bantuan uang tunai Rp100 ribu untuk pembeli kuota internet atau paket data selama melaksanakan belajar daring.

“Kami ingin pastikan bahwa di SMP 6 Makassar ini tidak ada anak yang tidak ikut belajar karena tidak punya perangkat pembelajaran smartphone atau Hp, kemudian kami juga memikirkan untuk memberi bantuan berupa pembeli paket data. Hari ini kami sudah membagikan kepada anak-anak yang didampingi oleh orang tuanya untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, dengan Rp100 ribu per orang,” kata Munir.

Sementara itu, salah satu orang tua siswa, Ibu Sahara yang turut mendampingi anaknya dalam pembagian Tablet tersebut merasa bersyukur dan terharu karena bisa diberi keringanan oleh sekolah.

“Alhamdulillah, kami sebagai orang tua sangat berterima kasih kepada Kepala sekolah SMP Negeri 6 karena bisa meringankan beban anak-anak selama belajar dirumah. Terus terang kami sangat kesulitan apabila proses belajar dirumah jika harus meminjam Hp ke tetangga,” ungkap Sahara.