Beranda Lifestyle Rammang-rammang Maros Ajukan Sebagai Kandidat Global Geopark Indonesia

Rammang-rammang Maros Ajukan Sebagai Kandidat Global Geopark Indonesia

HERALDMAKASSAR.com – Kawasan gugusan karts Rammang-rammang Maros dikenali sebagai pegunungan batu karst terbesar kedua di dunia, dua diantaranya terdapat di China dan Vietnam.

Kawasan Kars Ramang-ramang ini seluas 70 hektare area berada wilayah administrasi Kabupaten Maros dan Pangkep yang di kelolah Geopark Maros-Pangkep.

Geopark Maros-Pangkep merupakan Taman Nasional yang berada di Sulawesi Selatan, yang merupakan gugusan kars Rammang-rammang menjadi destinasi wisata alam unggulan di Sulawesi Selatan.

Gugusan kars Rammang-rammang terletak di Desa Salenrang Kecamatan Bontoa Kabupaten Maros. Mempunyai keunikan tersendiri.

Terdapat beberapa destinasi wisata lainnya yang menunjang kawasan gugusan karya, seperti Kampuang Berua, Situs Pasaung, Ammarung, Gua Berlian, Gua Kelelawar, Telaga Bidadari, Situs Karama, Gua Kunang Kunang, Kampung Laku, Hutan Batu, Situs Batu Tianang. Sertai pemandangan indah yaitu hamparan sawah hijau yang luas.

Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO telah mengajukan secara resmi Geopark Nasional Maros-Pangkep sebagai kandidat Global Geopark Indonesia. Pengajuan ditujukan ke Sekertariat UNESCO di Paris.

Hal ini tertuang dalam surat bernimor 66600/A6/KS/2020, yang ditandatangi Executive Chairman for Indonesia Nasional Commision for UNESCO, Prof Arief Rachman.

Geopark Maros-Pangkep, telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional sejak November 2017.

(UpikNyonk)