Beranda Makassar DP2 Kota Makassar Tuntaskan Pemeriksaan 5 Ribu Lebih Hewan Kurban

DP2 Kota Makassar Tuntaskan Pemeriksaan 5 Ribu Lebih Hewan Kurban

HERALDMAKASSAR.com – Sehari pelaksanaan hari raya Idul Adha dan Qurban, petugas Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Makassar, telah merampungkan pemeriksaan hewan kurban selama delapan hari, Kamis (30/7/2020).

Sebanyak 5.117 ekor hewan kurban yang terdiri dari hewan sapi, kambing dan kerbau telah dilakukan pemeriksaan kelayakan.

Hewan qurban jenis Sapi, sebanyak : 4.508 ekor, dinyatakan layak 3.832 ekor dan yang tidak layak qurban sekitar 676 ekor, dengan keterangan 601 ekor tidak cukup umur, 39 ekor cacat mata katarak, 5 ekor betina,12 ekor scrotum tdk sempurna, 7 ekor pincang, 5 ekor sakit, 7 ekor cacat telinga.

Sementara pada populasi hewan qurban jenis kambing sekitar 606 ekor, dengan rincian layak qurban sekitar 480 ekor, tidak layak 126 ekor dengan keterangan :
84 ekor tidak cukup umur, 12 ekor cacat mata katarak, 1 ekor scabies,1 ekor scrotum tdk sempurna,1 ekor cacat telinga,1 ekor cacat tanduk, 26 ekor ORF.

Untuk populasi hewan qurban jenis kerbau
sebanyak 3 ekor dinyakan layak

Rekapitulasi sampai hari kedelapan data dan laporan dari 5 tim wilayah Pemeriksaan kesehatan hewan qurban.
Jumlah kartu terpakai layak qurban Sapi, Kambing dan Kerbau sebanyak 4.315 lembar.

Jumlah pengambilan sampel sebanyak 469 slide. Dalam pemeriksaan hewan qurban ini, Dinas Pertanian dan Perikanan, membagi 5 tim, yang terdiri 5 pemeriksaan dan pengambilan sampel di lapangan, 3 tim pemeriksaan laboratorium ( 1 mobile/animal care, 1 lab puskeswan, 1 lab kesamvet).

Kegiatan pemeriksaan hewan kurban ini dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan hewan agar dapat memberikan rasa aman kepada konsumen.

(AMIR MARUF)