Beranda Makassar Berjalan Lancar, 13 Ribu Lebih Peserta dari 24 Provinsi Telah Ikuti UTBK...

Berjalan Lancar, 13 Ribu Lebih Peserta dari 24 Provinsi Telah Ikuti UTBK di UNM

Rektor UNM, Prof Husain Syam

HERALDMAKASSAR.com – Selama satu minggu lebih pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 di Universitas Negeri Makassar (UNM), telah berjalan lancar sesuai prosedur.

Rektor UNM, Prof Husain Syam mengatakan dari 13.468 peserta yang mengikuti UTBK di UNM terdaftar dari 24 provinsi di seluruh Indonesia. Bahkan, tingkat kehadiran mencapai 92 persen.

“Kita pastikan setiap hari berkeliling dari unsur pimpinan dan dari teman-teman yang ada di setiap lokasi tempat dan ruangan sudah sangat memahami proses atau tata cara melaksanakan pengawasan UTBK secara langsung dengan protokol covid,” kata Prof Husain saat menggelar konferensi pers di Gedung Pinisi UNM, Senin (13/7/2020).

Menurutnya, tingkat partisipasi calon mahasiswa tahun ini hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Meskipun, kata Prof Husain, situasi sekarang ditengah Pandemi Covid-19 tidak menyurutkan semangat peserta untuk mengikuti UTBK di UNM.

“Yah masih lebih tinggi tingkat kehadirannya dari partisipasi pemilu. Kalau pemilu biasa tingkat partisipasinya itu 70 hingga 80 persen,” ujarnya.

Guru besar bidang pertanian itu juga melaporkan bahwa selama pelaksanaan UTBK tidak ada satu pun kendala yang dihadapi panitia atau cacat dalam pelaksanaan UTBK.

“Karena teman-teman di panitia itu mengawal dengan baik dan kita memposisikan orang-orang yang menjaga ketertiban sehingga UTBK di UNM berjalan lancar dan aman,” bebernya.

“Kita patut bangga dan syukuri, dan tidak ada juga yang terdeteksi covid, karena jika ada kami sudah siapkan ruangan khusus pengawasannya, termasuk penyandang disabilitas,” pungkas Prof Husain.