Beranda Makassar FT Unhas Sosialisasi Peningkatan Produk Industri ke UKM Binaan Dekranasda Sulsel

FT Unhas Sosialisasi Peningkatan Produk Industri ke UKM Binaan Dekranasda Sulsel

HERALDMAKASSAR.com – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peran penting dan strategis dalam pembangunan ekonomi kerakyatan. Baik dalam pertumbuhan ekonomi juga berperan dalalm penyerapan tenaga kerja, apalagi dimasa pandemi Covid-19 sekarang.

Untuk itu, Fakultas Teknik Unhas melalui Departemen Teknik Industri melakukan sosialisasi sekaligus memberikan arahan kepada UKM binaan Dekranasda Sulsel, di Gallery Rumah Anyamandiri milik Ibu Elsa, di Jalan Poros Telkomas, Makassar, Rabu 8 Juli 2020.

Kegiatan yang diselenggarakan Fakultas Teknik Unhas dalam program Laboratory Based Education (LBE) tetap mematuhi aturan protokol kesehatan di tengah pandemi ini.

Wakil ketua harian 1 Dekranasda Sulsel, Andi Oci Alepuddin juga mengikuti langsung acara tersebut dengan didampingi oleh Ibu Camat Biringkanayya, Siti Syahriaty Syahrun yang juga salah satu pengurus di Dekranasda, beserta pengurus Dekranasda lainnya.

Menggunakan pendekatan Model House of Quality pada Produk Eceng Gondok, salah seorang dosen FT Unhas, Nadzirah Ikasari memberikan arahan agar para pengrajin dapat meningkatkan mutu anyaman eceng gondok.

Ke depannya, ia melanjutkan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi agar semakin banyak UMKM yang merasakan manfaat dari adanya program ini dan kebangkitan kembali sektor UMKM di Sulsel dapat terwujud.

Sebagaimana diketahui, kala itu Ibu Elsa pertama kali meniti biasnis tersebut dengan hanya dibantu oleh dua orang tetangganya. Akan tetapi setelah Ketua Dekranasda Sulsel, Liestiaty F Nurdin Abdullah melihat hasil dari anyaman ini dan mengunjungi langsung ke tempat pembuatan anyaman Ibu elsa.

“Bahkan beberapa hotel berbintang 4 di Makassar memakai hasil dari anyaman Ibu Elsa bersama pengrajinnya. Dimasa pandemi seperti ini mereka tetap eksis dan mendapatkan nilai tambahan untuk membantu kebutuhan rumah tangga mereka,” jelas Andi Oci Alepuddin.

Melihat itu, Liestiaty F Nurdin mengatakan ia sangat bersyukur dengan kerja nyata tersebut karena merupakan salah satu untuk memajukan taraf ekonomi masyarakat mandiri.

“Semua ini berkat kegigihan kami bersama pengurus dekranasda yang selalu memperhatikan kebutuhan-kebutuhan pelaku UMKM. Pak Gubernur mengatakan kita harus mensosialisasikan anjuran Bapak Presiden Jokowi untuk memakai produksi dalam negeri,” ujarnya.

Dia juga menyampaikan pesan dari Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah, agar selalu meningkatkan mutu. “Insya Allah bapak Gubernur akan membantu. Sinergitas antar pemerintah dan rakyat untuk sulsel jaya menuju indonesia gemilang,” ungkapnya.

Lap. Humas Dekranasda Sulsel Warni Saharuddin