Beranda Headline News Soal Rekaman Rapat DP Bocor, Aktivis: Makassar Tidak Butuh Wali Kota “Bali...

Soal Rekaman Rapat DP Bocor, Aktivis: Makassar Tidak Butuh Wali Kota “Bali Bella”

HERALDMAKASSAR – Rekaman rapat via aplikasi zoom antara mantan wali kota Makassar, Danny Pomanto dengan Ketua DPD I Golkar Sulsel Nurdin Halid, bocor ke publik. Perbincangan yang diikuti sejumlah loyalis kedua tokoh itu mencerminkan sejumlah karakter yang tidak layak menjadi teladan bagi politisi muda Makassar.

“Kalau orang bugis itu menyebut karakter begitu bali bella’,” sebut mantan aktivis UIN Makassar, Bohari Sunre, di Jalan Sultan Alauddin Makassar, Sabtu, 4 Juli 2020. Istilah bali bella, sambungnya, dalam bahasa bugis bermakna bermuka dua. Lain yang dia utarakan pada satu pihak, lain pula kepada pihak lainnya. Makna berikutnya, lain di mulut lain di hati. Apa yang diutarakan tidak senada dengan perilakunya.

Indikator salah satu tokoh dalam rapat itu berkarakter bali bella’ tercermin dari nikmat dan penuh emosionalnya dia menceritakan sederet hal negatif kepada peserta rapat terkait buruknya karakter pentolan Partai Nasdem Sulsel, Rusdi Masse dan Syaharuddin Alrif. Dia bahkan menyebutnya kedua sebagai sosok yang tinggi hati dan merasa berkuasa.

Yang membuat publik semakin yakin bahwa ada calon wali kota yang mau maju lagi dan memiliki karakter bali bella’ adalah realitas bahwa dia dan Nasdem sampai saat ini ternyata masih jalan bersama. Bahkan sangat mesra dengan memaketkan DP dengan istri RMS, Fatmawati Rusdi.

“Dan dalam standar nilai etika Bugis-Makassar, bali bella’ ini salah satu seburuk-buruknya karakter dalam pergaulan bugis Makassar,” tegasnya lagi.