Beranda Makassar Relawan Balakar Support Pemkot Makassar Tangani Covid-19

Relawan Balakar Support Pemkot Makassar Tangani Covid-19

HERALDMAKASSAR.COM – Pj Walikota Makassar Prof. Yusran Jusuf menerima sejumlah anggota relawan Barisan Laskar Kebakaran (Balakar) yang menemuinya di rumah jabatan Walikota Makassar. Senin 22/6/2020.

Pertemuan relawan Balakar bersama Prof. Yusran dipimpin langsung Plt Kepala dinas pemadam kebakaran (Damkar) kota Makassar Elo Dewata Wahid.

Elo mengatakan tujuan kedatangannya menemui Pj Walikota dalam rangka mengaktifkan kembali Balakar yang sejak tahun 2014 hingga 2017 sempat vakum.

“Kedatangan kami dalam rangka ingin meminta saran dan izin beliau untuk mengaktifkan kembali Balakar karena sejak tahun 2014 hingga 2017 relawan Balakar tidak berfungsi intinya kami meminta agar diaktifkan kembali,” kata Elo.

Selanjutnya menurut Elo dirinya akan melakukan Koordinasi dengan seluruh Camat untuk mengaktifkan posko Balakar yang ada di setiap kecamatan.

“Kita lihat nanti teknisnya bagaimana kebetulan tanggal 29 Juli nanti adalah hari Jadi Balakar dengan seIzin pj walikota kita koordinasi dengan seluruh camat mengaktifkan kembali posko Balakar di setiap kecamatan,” ujarnya.

Pj Walikota Makassar Prof. Yusran Jusuf menyambut baik diaktifkannya kembali relawan Balakar, karena menurutnya dengan diaktifkannya kembali balakar dapat meringankan beban pekerjaan dinas Damkar yang begitu berat.

“Dengan adanya keberadaan relawan ini sangat efektif untuk memberikan informasi jika terjadi bencana kebakaran, mereka dapat memberi edukasi kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran, di masa pandemi covid 19 relawan balakar dapat difungsikan juga sebagai Duta Covid 19 untuk mensosialisasikan protokol kesehatan,” terangnya.