Beranda Ekbis BDI Pertamina Bersama Bazma Salurkan Zakat Infaq dan Sedekah Bagi Masyarakat di...

BDI Pertamina Bersama Bazma Salurkan Zakat Infaq dan Sedekah Bagi Masyarakat di Kota Makassar

HERALDMAKASSAR.COM – Momentum Idul Fitri 1441 Hijriyah kali ini dimanfaatkan oleh Badan Dakwah Islam (BDI) PT Pertamina (Persero) bersama dengan Baituzzakah Pertamina (BAZMA) guna mengumpulkan sekaligus menyalurkan Zakat Infaq dan Sedekah (ZIS) dari para pekerja dan jasa penunjung muslim. Khusus untuk hasil pengumpulan yang dilakukan BDI dan BAZMA dari pekerja Pertamina yang ada di lingkungan Marketing Operation Region (MOR) VII langsung disalurkan kepada masyarakat di Kota Makassar pada Jumat lalu (22/05).

Periode pengumpulan ZIS yang dilakukan oleh BDI dan BAZMA ini mulai dari 13 Mei hingga 18 Mei 2020. Nilai konversi untuk 3 kilogram (kg) beras yang ditetapkan adalah sebesar Rp 50 ribu. Adapun sistem penyerahan ZIS dilakukan via transfer ke rekening BDI Pertamina yang telah disiapkan.

Jumlah ZIS yang berhasil dikumpulkan dalam periode tersebut adalah sebesar 1.400 kg beras untuk Zakat Fitrah, Rp 15,5 juta untuk Zakat Maal, dan Rp 4,2 juta berupa Infaq.

Unit Manager Communication & CSR MOR VII, Hatim Ilwan, menjelaskan bahwa setiap tahunnya Pertamina melalui BDI dan BAZMA secara aktif mengumpulkan Zakat, Infaq dan Sedekah dari pekerja Pertamina. “Pengumpulan zakat ini merupakan suatu bentuk kemudahan yang ditawarkan kepada pekerja Pertamina untuk menyalurkan zakat mereka,” jelasnya.

ZIS yang terkumpul, lanjut Hatim, disalurkan ke sejumlah daerah di wilayah Kota Makassar.

“Zakat ini kemudian akan disalurkan oleh BDI dan BAZMA sesuai dengan ketentuan penerimanya termasuk bagi kaum dhuafa terdampak Covid-19,” lanjutnya.

Sebagian zakat fitrah yang terkumpul langsung diserahkan ke anak panti asuhan, sebagian lain dititipkan ke Amil Zakat yang tersebar antara lain di Masjid Nur Ilham Smansa 81, Masjid Istiqomah Jl. Rajawali, Masjid Mutmainnah Qulub Jl. Garuda dan Masjid Nurul Haqqi Jl. Manunggal.

Selain itu, zakat fitrah juga diserahkan kepada Panti Asuhan Mahdiyat Jl. BTN Minasa Upa dan Panti Asuhan Anugerah Jl. Badak. “Sedangkan untuk Infaq dan Sadaqah diberikan dalam bentuk paket sembako kepada tenaga cleaning service di lingkungan Pertamina MOR VII,” tutur Hatim.

Hatim berharap agar seluruh zakat, infaq dan shadaqah yang diberikan oleh para pekerja di lingkungan Pertamina MOR VII ini dapat menjadi pembersih harta-harta yang dimiliki.

“Serta masyarakat yang telah mendapatkan haknya atas zakat tersebut dapat merasakan indahnya Ramadhan tahun ini walaupun dalam keterbatasan,” pungkas Hatim.