Beranda Headline News Pemprov Sulsel Renovasi Total Stadion Andi Mattalatta

Pemprov Sulsel Renovasi Total Stadion Andi Mattalatta

HERALDMAKASSAR.com – Stadion Andi Mattalata Mattoangin yang menjadi kebanggaan masyarakat kota Makassar sekaligus kandang PSM Makassar hampir tak pasti digunakan dalam kompetisi Shopee Liga 1 2020 mendatang.

Meski pemerintah provinsi Sulawesi Selatan berencana merenovasi pada Juni 2020 dengan anggaran awal sebesar 200 milyar rupiah, setelah pihak Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) sebagai pengelolah menyerahkan ke Pemprov Sulsel.

Stadion yang berdiri pada tahun 1957 ini direnovasi atau dibongkar total berdasarkan audit forensik yang dilakukan pada 9 Maret-22 oleh pemprov Sulsel dengan anggaran senilai 900 milyar rupiah

Menurut Andi Arwin Azis, Kadispora Sulsel,
“Struktur bangunan tidak bisa lagi dipertahankan karena telah mengalami degradasi akibat umur bangunan, karbonasi, dan korosi,”

Mewabah virus korona juga berdampak pada kompetisi yang sedang berlangsung di tanah air. Akibat stadion Andi Mattalatta Mattoangin terakhir kalinya dipakai oleh PSM saat menjamu Barito Putera, Minggu (15/3/2020).

Akibat dampak pandemi korona ini, selurih kegiatan atau aktivitas sepakbola terhenti. Membuat kondisi stadion Andi Mattalata Mattoangin kian tak terurus. Rumput lapangan sudah semakin tinggi dan disisipi rumput liar.

Sementara di luar lapangan, tepatnya di tribune terbuka utara, petugas yang menginap di stadion memanfaatkan lahan sempit dengan menanam aneka sayuran.

 

(AMIR MARUF)