Beranda Headline News JK dan Adrian Ingatkan Jokowi: Rakyat Lagi Lapar

JK dan Adrian Ingatkan Jokowi: Rakyat Lagi Lapar

HERALDMAKASSAR.com – Mantan Wakil Presiden Indonesia HM Jusuf Kalla dan politikus PDIP Adrian Napitupulu mengingatkan pemerintahan Joko Widodo akan situasi yang bakal di hadapi bangsa ini ke depan. Menurut Jusuf Kalla, potensi penjarahan seperti tahun 1998 lalu bisa saja terjadi sebagai dampak Covid-19.

“Bisa saja akan timbul masalah keamanan. Kalau tidak makan, ya bisa terjadi berbagai macam-macam seperti tahun 1998. Ketika masyarakat tidak bisa makan, maka terjadi penjarahan atau apa pun di banyak tempat,” kata JK dalam rapat virtual bersama pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Hal yang senada diungkap Adrian Napitupulu. Ia melihat, kondisi Indonesai dalam dua-tiga bulan ke depan menghawatirkan, jika wabah corona atau Covid-19 tak mampu ditangani.

Menurutnya, dengan kondisi banyaknya masyarakat yang berhenti bekerja ditambah ancaman kelaparan, bisa memicu konflik sosial.

“Kondisi rakyat seperti rumput kering yang mudah terbakar, bahkan oleh isu yang sangat remeh sekalipun,” ujarnya.

Ia menuturkan, sesepele apapun pemicu yang muncul di tengah masyarakat, bisa memicu ledakan yang sulit diprediksi besaran dan akibatnya.

“Jadi, potensi konflik sosial dan kriminalitas dalam beragam bentuk, berpotensi besar terjadi dalam beberapa bulan ke depan. Bisa Juni, Juli atau Agustus,” tuturnya.

Karena, kata Adian, beberapa bulan ke depan ketakutan akan wabah penyakit, keputusasaan pada hilangnya pekerjaan dan pendapatan, bercampur dalam dada yang sama dari tubuh dengan perut yang juga didera kelaparan.

(HM)