Beranda Headline News Presiden Trump Minta China Bertanggungjawab Atas Pandemi Corona

Presiden Trump Minta China Bertanggungjawab Atas Pandemi Corona

Presiden AS, Donald Trump

HERALDMAKASSAR.com – Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengeluarkan peringatan keras kepada China. Ia meminta pemerintah Negeri Tirai Bambu ini bisa bertanggungjawab atas pandemi corona yang melanda dunia.

“[Virus corona] Itu bisa saja dihentikan di China sebelum menyebar dan ternyata tidak [dilakukan] ,” kata Donald Trump kepada wartawan di Gedung Putih.

Seperti diketahui, virus corona pertama kali ditemukan di Kota Wuhan China, dan dalam waktu sekejap menyebar ke seluruh penjuru dunia. Banyak kalangan menyebut, virus mematikan ini diproduksi di sebuah laboratorium di Wuhan.

Hingga saat ini, virus ini telah menewaskan lebih dari 157.000 orang di seluruh dunia ini. Tidak itu saja, seluruh sendi-sendi perekonomian menjadi lumpuh karena adanya pembatasan sosial di semua negara. Bahkan, sejumlah negara menerapkan lockdown.

“Tentu saja, jika mereka secara sadar bertanggung jawab,” katanya. Jika itu adalah kesalahan, kesalahan adalah kesalahan. Tetapi jika mereka secara sadar bertanggung jawab, ya, maka harus ada konsekuensi,” kata Trump.

Trump mengungkap saat ini China sedang melakukan investigasi soal virus corona dan AS menunggu hasil tersebut dan melakukan investigasi sendiri untuk mencari penyebab virus ini.

Sebelumnya, Pemerintahan Trump mengatakan tidak menutup kemungkinan bahwa coronavirus yang baru itu menyebar – secara tidak sengaja – dari sebuah laboratorium yang meneliti kelelawar di Wuhan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian, yang sebelumnya menuduh militer AS mungkin telah membawa virus corona ke China, telah menolak laporan media AS tentang masalah ini dan mengatakan “tidak memiliki dasar ilmiah.”

Trump juga meragukan angka resmi korban virus corona Tiongkok yang menunjukkan negara itu hanya menderita 0,33 kematian per 100.000 orang.

(HM)