Beranda Headline News Sudah 112 Orang Positif, 4 Daerah ini Jadi Penyumbang Terbesar Covid-19 di...

Sudah 112 Orang Positif, 4 Daerah ini Jadi Penyumbang Terbesar Covid-19 di Sulsel

HERALDMAKASSAR.com – Jumlah kasus Covid-19 di Sulawesi Selatan kian bertambah. Saat ini angka kasus terjangkit virus Corona mencapai 112 orang. Ada penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 30 orang, pada Senin (6/4/2020) dari hari sebelumnya hanya 82 kasus.

Berdasar data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel, dari 30 kasus baru yang ditemukan hari ini, sebanyak 50 persen kasus berasal dari Kota Makassar.

“30 kasus tambahan ini, ada 50 persen di Makassar, semuanya disebabkan local transmision dengan pasangan, kerabat dan teman,” kata Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari.

“Tujuh orang tambahan dari Sidrap, di Gowa ada dua tambahan. Maros ada tiga, Pangkep Luwu dan Takalar masing-masing satu,” tambahnya.

Secara kumulatif, daerah penyumbang kasus positif Covid-19 terbesar di Sulsel yakni, Kota Makassar dengan 68 kasus, Gowa 16, Maros 11, dan Sidrap 10 kasus.

“Dari data ini masih perlu penguatan dengan menjaga jarak, dan itulah yang menjadi headline kita sebenarnya. Jadi sesuai rekomendasi WHO jika keluar rumah harus memakai masker, tapi lebih baik dirumah agar tidak kontak dengan orang lain,” tandasnya.

Ichsan mengemukakan bahwa semakin bertambahnya kasus positif Covid-19 di Sulsel menggambarkan masih adanya masyarakat atau pasien positif Covid-19 di luar yang belum melakukan isolasi.

Di sisi lain, kata dia, hal itu bisa menjadi gambaran bahwa masih ada pula masyarakat yang tidak mengikuti anjuran pemerintah untuk berdiam diri di rumah.

“Jumlah ODP kita semakin bertambah, semakin bertambahnya positif ini maka ODP juga semakin banyak. Jadi orang yang memberikan gejala batuk dan demam itu sudah menjadi ODP yah,” pungkas Ichsan.