Beranda Headline News Gawat, BBLK Makassar Tidak Lagi Terima Pengambilan Sampel Darah. Ini Penyebabnya

Gawat, BBLK Makassar Tidak Lagi Terima Pengambilan Sampel Darah. Ini Penyebabnya

HERALDMAKASSAR.com – Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar mengumumkan tidak bisa lagi menerima pemeriksaan sampel darah  untuk pasien Covid-19. Ini karena bahan dan alat tidak lagi tersedia.

Informasi ini beredar dari sejumlah percakapan Grup WhatsApp (WAG) sambil memperlihatkan foto pengumuman resmi oleh BBLK.  Belum terkonfirmasi, apakah foto yang beredar ini sesuai kenyataan di lapangan atau hanya hoaks.

Sekadar diketahui, BBLK berfungsi untuk mengecek spesimen korona di wilayah Sulsel dan Indonesia Bagian Timur.

Untuk pemeriksaan sampel korona dengan melakukan pemeriksaan swap di lab yang ada di BBLK Makassar, tanpa harus menunggu hasil pemeriksaan swap yang dikirim ke lab yang ada di Jakarta.

Meski Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) juga memberikan rekomendasi ke laboratorium Rumah Sakit Pendidikan Unhas dan Laboratorium RSUP Wahidin untuk melakukan pengecekan spesimen korona, namun kedua lab tersebut belum memiliki infrastruktur yang memadai dan harus dilengkapi sehingga keakuratan hasil memenuhi standar pemeriksaan.

Dengan keberadaan Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar diharapkan mampu mengatasi keterlambatan hasil pemeriksaan spesimen korona.

(AMIR MARUF)