Beranda Nasional Wapres Minta MUI Buat Fatwa Haram Mudik

Wapres Minta MUI Buat Fatwa Haram Mudik

HERALDMAKASSAR.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menerbitkan fatwa haram melaksanakan mudik ke kampung halaman di tengah pandemi virus korona. Fatwa ini dinilai penting, menyusul maraknya warga Indonesia yang pulang kampung jelang lebaran tahun ini.

“Kita sudah juga dorong MUI untuk menyatakan bahwa pada saat sekarang mudik itu haram hukumnya,” kata Ma’ruf saat melakukan teleconference dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Jumat (3/4).

Pernyataan Wapres ini merespons keluhan Ridwan Kamil yang mengkhawatirkan pandemi korona ini saat mudik berlangsung. “Bagus kalau memang dibuatkan fatwa,” kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Lebih lanjut, Ma’ruf menyatakan MUI sendiri sudah mengeluarkan beberapa fatwa penting di tengah mewabahnya virus corona di Indonesia.

MUI, kata dia, telah mengeluarkan fatwa larangan salat Jumat di Masjid, fatwa penanganan jenazah positif corona hingga fatwa petugas medis tak perlu wudu dalam melaksanakan salat saat mengenakan alat pelindung diri.

“Nanti saya coba supaya keluar fatwa soal mudik,” kata Ma’ruf.

(AMIR MARUF)