Beranda Makassar Sudah 80 Orang Positif Covid-19, Dinkes: Perpindahan Virus di Makassar Banyak

Sudah 80 Orang Positif Covid-19, Dinkes: Perpindahan Virus di Makassar Banyak

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Ichsan Mustari

HERALDMAKASSAR.com – Jumlah pasien positif Virus Corona (Covid-19) di Sulsel melonjak tajam usai Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulsel mengumumkan bahwa ada 14 orang lagi yang terjangkit, sehingga jumlahnya menjadi 80 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Sulsel, Muhammad Ichsan Mustari mengatakan jumlah pasien positif tambahan per Jumat 3 April 2020 sebanyak 14 orang, 13 diantaranya berasal dari Kota Makassar dan 1 dari Kabupaten Pinrang.

“Hari ini kita melakukan sebanyak 114 spesimen yang telah diperiksa di BBLK dan Lab Unhas. Yang positif 14 orang, jadi perpindahan virus antar warga Makassar atau local transmision lebih banyak,” kata Ichsan dalam video conference bersama awak media, Jumat (3/4) malam.

Sementara, 1 orang tambahan dari Kabupaten Pinrang, kata Ichsan, merupakan klaster dari perjalanan ibadah umroh. Saat ini, pihaknya masih melakukan tracing kepada pihak keluarga pasien.

“Tentu strategi kita lebih pada penguatan local transmision, karena dengan itu bisa kita putuskan rantai Covid-19 dengan terus melakukan phsycal distancing,” ujarnya.

Ichsan menyebut, proses penularan virus Corona ini melalui cara dari hidung orang sakit ke orang yang ditulari, dan kontak jarak yang terlalu dekat.

“Kemudian melalui tangan bersentuhan dengan virus yang ada di sesuatu dan setelah itu memegang area muka wajah apakah mulut atau hidung. Sebisa mungkin kegiatan yang kontak fisik bisa dihindari dulu,” pungkas Ichsan.

Hingga saat ini, kasus positif Covid-19 terbanyak di Kota Makassar dengan 52 orang, kemudian Gowa 13 orang, Maros 7 orang, Sidrap 3 orang, Pangkep 1 orang, Pinrang 2 orang, Bulukumba 1 orang, dan Luwu Timur 1 orang.