Beranda Headline News Sudah 5 Pejabat Indonesia Positif Covid-19

Sudah 5 Pejabat Indonesia Positif Covid-19

HERALDMAKASSAR.com – Novel Coronavirus atau akrab disebut Covid-19 menyerang sejumlah pejabat tanah air. Gejala awalnya nyaris sama, yakni dimulai dengan batuk, demam hingga sesak nafas. Hingga kini, ada 5 pejabat di Indonesia yang sudah dikonfirmasi terjangkit virus korona.

Berikut daftarnya:

1. Menteri Perhubungan
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi merupakan pejabat pertama di Indonesia yang dinyatakan positif korona. Menhub saat ini menjalani proses isolasi agar penyebaran virus korona bisa diredam.

Adalah pihak Istana, yang mengumumkan terjangkitnya Budi Karya Sumadi. Pengumuman istana ini menggemparkan publik tanah air, apalagi sebelumnya Budi Karya banyak melakukan perjalanan ke sejumlah wilayah di Indonesia. Salah satunya, akhir Februari lalu, ia sempat ke Sulsel meninjau kereta api dan menuju ke Toraja dan Kabupaten Luwu.

2. Walikota Bogor

Walikota Bogor Bima Arya mengumumkan sendiri dirinya telah terjangkit virus korona. Ia lalu meminta dukungan seluruh warga Bogor untuk diberi kekuatan dalam menjalani proses isolasi sesuai standar WHO.

Bima Arya Sugiarto mengungkapkan pada Kamis, 19 Maret usai menjalani tes dua hari sebelumnya. Dinas Kesehatan Bogor pun membeberkan riwayat perjalanan Bima sejak akhir Februari.

Pernyataan itu Bima sampaikan lewat sebuah video yang diunggah di akun Instagramnya, Jumat (20/3). Dia mengatakan telah memulai proses isolasi meski tidak memiliki gejala berat.

“Walau tidak ada gejala-gejala yang signifikan -hanya batuk-batuk kecil- saya memutuskan untuk mengikuti semua protokol dan prosedur menjalani isolasi diri,” ujarnya.

3. Kejari Bantul

Kepala Kejaksaan Negeri Bantul, Zuhandi masih dirawat di Rumah Sakit Panembahan Senopati (RSPS), Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) karena Virus Corona atau COVID-19. Kondisinya disebut semakin membaik. Ia juga divonis positif korona.

“Kondisinya membaik, untuk hari ini beliau membaik. Beliau mengatakan sudah mendingan, membaik,” kata Kasubbag Hukum Pemasaran dan Kemitraan RSUD Panembahan Senopati, Siti Rahayu Ningsih.

4. Wakil Walikota Bandung
Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana juga positif Covid-19. Ia telah dirawat beberapa hari lalu.

Kepastian itu disampaikan langsung Yana melalui akun instagramnya. “Saya Yana Mulyana Wakil Wali Kota Bandung setelah mengalami demam dan melakukan tes Corona Covid-19 beberapa hari lalu dan hari ini hasilnya telah keluar, dinyatakan saya positif Corona Covid-19,” ujarnya dengan napas tersengal-sengal, Senin (23/3/2020).

5. Bupati Karawang
Kasus terbaru yakni Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, dilaporkan positif terjangkit virus corona atau Covid-19 setelah melakukan hasil tes swab nasofaring.

“Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dinyatakan positif Covid-19,” kata Ridwan Kamil dalam konferensi persnya di Bandung, Jawa Barat pada Selasa (24/3/2020).

Pria yang akrab disapa Emil itu menambahkan, dengan demikian total sudah ada tiga pimpinan daerah di Jawa Barat yang dinyatakan positif mengidap virus corona atau Covid-19.

(MAL)