Beranda Makassar Lantamal VI Gelar Simulasi Evakuasi Orang Diduga Teridentifikasi Virus Corona ke RSAL...

Lantamal VI Gelar Simulasi Evakuasi Orang Diduga Teridentifikasi Virus Corona ke RSAL Jala Ammari

HERALDMAKASSAR.com, –  Kesibukan terjadi di pintu gerbang penjagaan Markas Komando (Mako) Lantamal VI Makassar, hal ini karena adanya pemeriksaan terkait merabaknya penyebaran wabah virus korona atau covid-19. Kepanikan terjadi saat seorang petugas TNI AL yang melakukan penjagaan di gerbang Mako Lantamal VI bertindak cekatan dalam memeriksa sejumlah pengunjung dengan menggunakan alat pendeteksi suhu tubuh Thermo scan.

Mendapat informasi tersebut Medical Quick Response Team (MQRT) Lantamal VI bertindak cepat mengevakuasi orang tersebut dari penjagaan gerbang utama Mako Lantamal VI ke Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) Jala Ammari Lantamal VI dengan menggunakan mobil ambulan untuk mendapatkan tindakan medis dengan meng isolasi diruangan khusus milik RSAL Jala Ammari Lantamal VI.

Kejadian ini merupakan rangkaian kegiatan simulasi untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam penanganan pasien yang diduga terjangkit virus corona (Covid-19) yang digelar Diskes Lantamal VI dan Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Jala Ammari Lantamal VI Untuk kedua kalinya.

 

Pada Kamis (19 /3/2020). Karumkital Jala Ammari Lantamal VI Letkol Laut (K) dr Budi Santosa, Sp.p mengatakan, simulasi yang dilaksanakan ini untuk mengantisipasi bila ada ada personel Lantamal VI atau masyarakat yang di curigai teridentifikasi virus corona. Adapun prosedur dan elaksanaan simulasi ini sesuai dengan protokol penanganan penyebaran virus Corona yang sudah ditetapkan pemerintah pusat.

RSAL Jala Ammari sendiri telah menyiapkan tiga ruangan isolasi, dengan masing masing ruangan terdapat tiga timpat tidur jadi total ada 9 tempat tidur. Ruangan tersebut menjadi pusat penanganan pasien yang diduga terjangkit virus corona Turut hadir pada simulasi kali ini Ws Wadan Lantamal VI (Aslog Danlantamal VI) Kolonel Laut (T) Dimi Trisakti, S.Ak dan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Lantamal VI Letkol Laut (K) drg. Heri Herliana Sp.BM, M.H.Kes, Mtr. (Opsla).

(M MARUF)